Update januari 2018! berbagi rpp semester 2 kelas 2 tema 6 revisi 2017 lengkap dengan sub tema 1-4 dan pembelajaran format doc dan pdf telah tersedia di blog kami. Semoga bermanfaat
Apakah bapak dan ibu guru sudah membuat rpp k13 sd semester 2 edisi revisi 2017? Jika belum alangkah baiknya dokumen tersebut mulai anda persiapkan dari sekarang.
Sebagai update terbaru kami telah menyiapkan contoh rpp k13 kelas 2 semester 2 dalam format doc lengkap dengan tema dan subtema terbaru berdasarkan buku revisi 2017. walaupun demikian rpp yang kami bagikan ini hanyalah referensi saja belum benar karena gurulah yang harus mengeditnya sendiri dan menyesuaikan dengan revisi terbaru.
Adapun rpp k13 sd revisi terbaru harus sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan terintegrasi ppk, literasi. Mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar silahkan anda lihat di lampiran 34 permendikbud nomor 24 tahun 2016.
Sebagai referensi dalam pembuatan rpp k13 semester 2 jangan lupa anda buka juga buku k13 sd revisi 2017 kemdikbud. Nah bagi anda yang membutuhkan contoh rpp semester 2 silahkan unduh melalui postingan dibawah ini.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.7
|
Mencermati tulisan tegak
bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal
kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada
kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
|
3.7.1.
|
Mengidentifikasipenggunaanhurufkapitalpadaawalkalimat.
|
4.7
|
Menulis dengan tulisan tegak
bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan
nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat
tanya dengan benar.
|
4.7.1.
|
Menulisteksdenganhuruftegakbersambungsesuaiaturanpenulisan
yang tepat.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.6
|
Menjelaskan dan menentukan
panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.
|
Menyebutkansatuanbakuuntukukuranberat
(gram, ons, dan kilogram).
|
4.6
|
Melakukan pengukuran panjang
(termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1.
|
mengukurberatbendadengansatuan gram,
ons, dan kilogram.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.2
|
Mengenal pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
|
3.2.1
|
Membedakanpanjangdanpendekbunyipadalagu.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
|
4.2.1
|
Menyuarakanpanjangdanpendekbunyipadalaguanak.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia
Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat
kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
|
15
menit
|
Kegiatan inti
|
PENGANTAR TEMA
1. Guru mengenalkanjudulsubtema, yaituHewan di Sekitarku
2. Siswadimintauntukmengamatidanmencermatigambar yang disajikan
diBukuSiswa
3. Siswadimintamembacateksbersamadenganbimbingan guru.
4. Siswamenyebutkanjenis-jenishewanyang ditemukandalamgambar.
5. Guru bertanyajawabdengansiswamengenaihewan-hewan yang ada
disekitarlingkungansiswa.
6. Guru mengaitkankegiataninidengantopik yang akandibicarakanpadasubtema
1.
AYO MEMBACA (LITERASI)
1. Siswamendengarkanteks yang dibacakanoleh guru.
2. Tekstersebutditulisdalamhuruftegakbersambung.
3. Siswamenirukan guru membacateks yang
ditulisdenganhuruftegakbersambung.
AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
1. Siswamelingkarihurufkapital yang terdapatdalamteks.
2. Siswamendiskusikanpenggunaanhurufkapitalbersamatemansebelahnya.
3. Siswamenyimpulkanbersamatemansebelahnyamengenaipenggunaanhurufkapital.
4. Guru
memfasilitasisiswadengantanyajawabsehinggasiswadapatmenyimpulkanbahwahurufkapitaldigunakanpadaawalkalimat.
AYO BERLATIH
1. Siswamenjawabpertanyaan-pertanyaansesuaiteksbacaanpadaBukuSiswa.
2. Jawabanditulisdenganmenggunakanhuruftegakbersambung,memperhatikanpenggunaanhurufkapitalpadaawalkalimat.
3. Guru berkelilingkelasmemberikanumpanbalikatasjawabansiswadancaramenuliskanhuruftegakbersambung.
AYO BERNYANYI
1. Guru memperkenalkanlaguAyamku.
2. Guru membericontohcaramenyanyikanlagutersebut.
3. Guru memberikanpenjelasanbahwadalammenyanyi,
adateknikmenyuarakanbunyipanjangdanpendek.
4. Bunyi yang panjangditandaidengan ____.
5. Bunyipendekditandaidengan •.
6. Siswamengikuti guru
menyanyikanlaguAyamkudanmengidentifikasibunyipanjangdanpendekdalamlagu.
7. Siswamenandaibagianlagudengan ____ jikabunyinyapanjang.
8. Siswamenandaibagianlagudengan • jikabunyinyapendek.
AYO MENGAMATI
1. Siswamengamatigambaralat-alattimbangan.
2. Guru dapatjugamembawaalatperagaberupaalattimbangan
yangsebenarnya. Misalnya, timbanganpasardantimbangankue.
3. Siswamengamatisatuan yang terterapadaalattimbangan.
4. Siswamenyebutkanberatbenda yang ditimbang,
baikpadagambarbukusiswamaupunbenda yang ditimbang.
AYO BERLATIH
1. Siswaberlatihmenimbangberatbenda.
2. Alat yang dibutuhkanadalahtimbangan, kantongplastik,
talipengikatataukaret.
3. Bahan yang dibutuhkanadalahbutirjagung, beras, atautelur.
4. Siswamenimbangbenda-bendatersebutdalamberbagaiukuran.Minimal
5 ukuranberat, misalnya 1 kg, 500 gram, 3 ons, 100 gram, dan 2ons.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung(HOTS: Reflectif):
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 6 subtema 1 hewan di sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (COMOT RPP)
B. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 6 subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (COMOT RPP)
C. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 6 subtema 3 tumbuhan di sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 6 subtema 4 merawat tumbuhan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (SIMPAN)
kabar gembira, rpp k13 semester 2 kelas 2 edisi revisi 2017 tema 6 telah tersedia, kunjungi tersu blog ini untuk mengetahui update terbaru upload rpp revisi kelas 2.