Update 2018! mencoba berbagi tema terbaru rpp k13 kelas II semester 2 kurtilas yaitu kebersamaan dengan subtema 1 sampai 4 berpedoman pada buku kurikulum 2013 kelas 2 revisi 2017.
Menjelang Semester 2 tahun pelajaran baru 2017/2018 kami berencana berbagi rpp k13 kelas 2 revisi 2017 tema 7 yakni tentang kebersamaan. Kami yakin belum banyak guru yang memilikinya. Walaupun demikian rpp yang kami bagikan ini hanyalah referensi saja, mengenai perubahan terbarunya silahkan guru kelas menyesuaikan rpp tersebut.
Perlu diketahui rpp k13 edisi revisi haruslah sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016. Sedangkan mengenai kegiatan pembelajaran harus sudah terintegrasi dengan literasi dan penguatan pendidikan karakter.
Dibawah ini adalah langkah-langkah pembelajaran rpp k13 kelas 2 tema 7 terintegrasi literasi, ppk dan hots.
Adapun untuk kompetensi inti dan kompetensi dasar silahkan guru kelas lihat pada lampiran 37 permendikbud nomor 24 tahun 2016. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah link unduh rpp k13 sd semester 2 tema 7.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
|
15
menit
|
Kegiatan inti
|
Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema
dansubtema (Tema : kebersamaanku, Subtema: kebersamaan di Rumah).
AYO MENGAMATI
F Siswa
diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya (BG: 21).
F Siswa
mendengarkan dengan penuh konsentrasi.
AYO MENANYA
F Siswa
diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan
kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar
yang diamati (HOTS: Berfikir
Logis).
F Siswa
lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan. (4C: Collaboratif)
AYO MENULIS
F Siswa
bertanya jawab tentang isi teks percakapan.
F Siswa
menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuinya. (4C: Communication)
F Siswa
diarahkan untuk menjawab pertanyaan.
F Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO BERLATIH (4C: COLLABORATION)
F Siswa
mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”.
F Siswa
bertanya jawab tentang gambar.
F Siswa
bertanya jawab tentang sikap santun.
F Siswa
bertanya jawab tentang cara meminta maaf.
F Siswa
berlatih tentang cara meminta maaf.
F Siswa
bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
F Siswa
berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain.
AYO MENGAMATI
F Siswa
mengamati gambar jam dinding.
F Siswa
bertanya jawab tentang gambar jam dinding.
F Siswa
diarahkan untuk mengukur benda.
F Siswa
bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan untuk mengukurpanjang benda.
F Siswa
menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang (4C: Communication)
F Siswa
menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan juga yangdapat digunakan
dalam kehidupan sehari-hari (4C: Communication).
F Siswa
bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur menggunakanpenggaris.
F Siswa
bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada penggaris.
F Siswa
menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada penggaris
F (4C: Communication).
F Siswa
bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris.
F Siswa
mencoba mengukur benda.
MENALAR DAN MENCOBA
F Siswa
sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris.
F Siswa
mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
F Siswa
mengukur minimal lima benda.
F Siswa
menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan.
F Siswa
menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm.
AYO BERLATIH
F Siswa
mengamati gambar berbagai jenis benda.
F Siswa
menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris.
F Siswa
memberikan tanda centang (√) untuk
benda yang dapat diukurdengan penggaris.
AYO BERNYANYI
F Siswa
membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa
menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa
bertanya jawab tentang tekanan nada.
F Siswa
bertanya jawab tentang notasi angka.
F Siswa
mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru tentang notasiangka.
AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
F Siswa
berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola iramasederhana.
F Siswa
yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru.
F Siswa
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
F Siswa
memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah.
F Siswa
memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada.
F Siswa
menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang denganwarna merah.
F Siswa
menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek denganwarna biru.
|
180 menit
|
A. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 7 subtema 1 kebersamaan Di rumah
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
B. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 7 subtema 2 Kebersamaan di Sekolah
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
C. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 7 subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 7 subtema 4 Kebersamaan di Tempat Wisata
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (SIMPAN)
Kabar gembira, rpp kelas 2 semester 2 tema 7 revisi 2017 telah tersedia. Pantau terus blog ini untuk mengikuti update rpp revisi terbaru