Update terbaru 2018! kabar gembira telah tersedia rpp semester 2 kelas 2 sd edisi revisi 2017 tema 5 berpedoman dengan buku k13 revisi 2017 sd.
Saat ini guru sd sedang sibuk mempersiapkan nilai untuk pembagian rapor semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Mengelolah nilai memang cukup sulit terutama jika sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013. Oleh karena itu admin menyarankan anda menggunakan aplikasi penilaian k13.
Sesuai judul posting diatas. Pada kesempatan yang baik ini kami mencoba berbagi rpp kelas 2 semester 2 atau genap k13 edisi revisi 2017 tema 5 yang telah sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
rpp k13 sd semester 2 yang telah revisi tentu saja harus terintegrasi literasi, ppk, hots dan 4c. lihat contoh langkah-langkah pembelajaran rpp kelas 2 dibawah ini
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
|
15
menit
|
Kegiatan inti
|
Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema
dansubtema (Tema : Pengalamanku, Subtema:Pengalamanku di Rumah).
AYO MENGAMATI
F Siswa
diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya (BG: 21).
F Siswa
mendengarkan dengan penuh konsentrasi.
AYO MENANYA
F Siswa
diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan
kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar
yang diamati (HOTS: Berfikir
Logis).
F Siswa
lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan. (4C: Collaboratif)
AYO MENULIS
F Siswa
bertanya jawab tentang isi teks percakapan.
F Siswa
menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuinya. (4C: Communication)
F Siswa
diarahkan untuk menjawab pertanyaan.
F Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO BERLATIH (4C: COLLABORATION)
F Siswa
mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”.
F Siswa
bertanya jawab tentang gambar.
F Siswa
bertanya jawab tentang sikap santun.
F Siswa
bertanya jawab tentang cara meminta maaf.
F Siswa
berlatih tentang cara meminta maaf.
F Siswa
bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
F Siswa
berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain.
AYO MENGAMATI
F Siswa
mengamati gambar jam dinding.
F Siswa
bertanya jawab tentang gambar jam dinding.
F Siswa
diarahkan untuk mengukur benda.
F Siswa
bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan untuk mengukurpanjang benda.
F Siswa
menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang (4C: Communication)
F Siswa
menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan juga yangdapat digunakan
dalam kehidupan sehari-hari (4C: Communication).
F Siswa
bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur menggunakanpenggaris.
F Siswa
bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada penggaris.
F Siswa
menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada penggaris
F (4C: Communication).
F Siswa
bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris.
F Siswa
mencoba mengukur benda.
MENALAR DAN MENCOBA
F Siswa
sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris.
F Siswa
mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
F Siswa
mengukur minimal lima benda.
F Siswa
menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan.
F Siswa
menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm.
AYO BERLATIH
F Siswa
mengamati gambar berbagai jenis benda.
F Siswa
menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris.
F Siswa
memberikan tanda centang (√) untuk
benda yang dapat diukurdengan penggaris.
AYO BERNYANYI
F Siswa
membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa
menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa
bertanya jawab tentang tekanan nada.
F Siswa
bertanya jawab tentang notasi angka.
F Siswa
mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru tentang notasiangka.
AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
F Siswa
berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola iramasederhana.
F Siswa
yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru.
F Siswa
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
F Siswa
memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah.
F Siswa
memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada.
F Siswa
menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang denganwarna merah.
F Siswa
menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek denganwarna biru.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung(HOTS: Reflectif):
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 1 Pengalamanku di Rumah
- PEMBELAJARAN 1 SAMPAI 6 - (COMOT RPP)
B. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 2 Pengalamanku di sekolah
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (COMOT RPP)
C. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (COMOT RPP)
D. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 4 pengalamanku di Tempat Umum belum tersedia
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 (COMOT RPP)