rpp k13 kelas 2 Semester 2 Tema 5 pengalamanku revisi 2017 terbaru

rpp k13 kelas 2 Semester 2 Tema 5 pengalamanku revisi 2017 terbaru

Terbaru, rpp k13 kelas 2 semester 2 Tema 6 dalam format doc dan PDF telah tersedia dengan subtema 1 (pengalamanku di rumah), subtema 2 (Pengalamanku di Sekolah), subtema 3 (pengalamanku di tempat bermain) dan subtema 4 (pengalamanku di tempat umum)

Update terbaru 2018! kabar gembira telah tersedia rpp semester 2 kelas 2 sd edisi revisi 2017 tema 5 berpedoman dengan buku k13 revisi 2017 sd.

Saat ini guru sd sedang sibuk mempersiapkan nilai untuk pembagian rapor semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Mengelolah nilai memang cukup sulit terutama jika sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013. Oleh karena itu admin menyarankan anda menggunakan aplikasi penilaian k13.

Sesuai judul posting diatas. Pada kesempatan yang baik ini kami mencoba berbagi rpp kelas 2 semester 2 atau genap k13 edisi revisi 2017 tema 5 yang telah sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.

rpp k13 sd semester 2 yang telah revisi tentu saja harus terintegrasi literasi, ppk, hots dan 4c. lihat contoh langkah-langkah pembelajaran rpp kelas 2 dibawah ini

GAMBAR rpp k13 sd kelas 2 revisi 2017 semester 2 tema 5
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.      Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.      Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.      Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.      Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)

15
menit
Kegiatan inti
Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema dansubtema (Tema : Pengalamanku, Subtema:Pengalamanku di Rumah).

AYO MENGAMATI
F Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya (BG: 21).
F Siswa mendengarkan dengan penuh konsentrasi.


AYO MENANYA
F Siswa diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (HOTS: Berfikir Logis).
F Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan. (4C: Collaboratif)

AYO MENULIS
F Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan.
F Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuinya. (4C: Communication)
F Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan.
F Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.

AYO BERLATIH (4C: COLLABORATION)
F Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”.
F Siswa bertanya jawab tentang gambar.
F Siswa bertanya jawab tentang sikap santun.
F Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf.
F Siswa berlatih tentang cara meminta maaf.
F Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
F Siswa berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain.


AYO MENGAMATI
F Siswa mengamati gambar jam dinding.
F Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding.
F Siswa diarahkan untuk mengukur benda.
F Siswa bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan untuk mengukurpanjang benda.
F Siswa menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang (4C: Communication)
F Siswa menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan juga yangdapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari (4C: Communication).
F Siswa bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur menggunakanpenggaris.
F Siswa bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada penggaris.
F Siswa menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada penggaris
F (4C: Communication).
F Siswa bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris.
F Siswa mencoba mengukur benda.


MENALAR DAN MENCOBA
F Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris.
F Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
F Siswa mengukur minimal lima benda.
F Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan.
F Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm.


AYO BERLATIH
F Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda.
F Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris.
F Siswa memberikan tanda centang () untuk benda yang dapat diukurdengan penggaris.


AYO BERNYANYI
F Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi”.
F Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada.
F Siswa bertanya jawab tentang notasi angka.
F Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru tentang notasiangka.



AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
F Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola iramasederhana.
F Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola iramasederhana.
F Siswa yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru.
F Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
F Siswa memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah.
F Siswa memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada.
F Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang denganwarna merah.
F Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek denganwarna biru.

180 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung(HOTS: Reflectif):
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)

15
menit
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 2 semester genap tema 6 dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".

A. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 1 Pengalamanku di Rumah

B. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 2 Pengalamanku di sekolah

C. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain

D. RPP k13 sd kelas 2 revisi 2017 tema 5 subtema 4 pengalamanku di Tempat Umum belum tersedia

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.