Terbaru 2018! rpp kurikulum 2013 tema 9 revisi 2017 kelas 5 dalam format doc dan pdf lengkap dengan sub tema 1 Benda Tunggal dan Campuran, sub tema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi, sub tema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya dan sub tema 4 Kegiatan Berbasis Literasi
Update Januari 2018! bagi kawan-kawan guru yang membutuhkan telah tersedia tema 9 dan subtema terbaru rpp k13 kelas 5 semester genap revisi 2017.
Assalamualaikum teman-teman guru sd. Libur sekolah memang masih lama, walaupun demikian mempersiapkan perangkat pembelajaran semester 2 mulai dari sekarang tentu sangat efektif mengurangi pekerjaan guru.
Bagi sekolah pelakasanaan kurikulum 2013 memang cukup banyak yang harus dipersiapkan untuk membuat perangkat pembelajaran k13 yang baik dan benar.
Salah satu dokumen perangkat pembelajaran yang harus cepat dibuat adalah rpp k13 semester 2. Untuk membuat rpp haruslah disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016. perangkat pendukung lainnya adalah silabus, buku guru revisi 2017, juga permendikbud nomor 24 tahu 2016 sebagai referensi
Pada postingan ke 45 ini blog rpp kurikulum 2013 akan berbagi contoh rpp tematik terpadu k13 revisi 2017 semester 2 tema 9 benda-benda di sekitar kita lengkap dengan sub tema 1, 2, 3 dan 4 juga pembelajaran 1 sampai 6. jelasnya silahkan download melalui tautan dibawah
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Sekolah :SDN 21 Rambang Dangku
Kelas /Semester :
V/2 (dua )
Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 1 : Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA,
Alokasi Waktu :6 x 35 menit(6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Menganalisis informasiyang disampaikan
paparaniklan dari media cetak atau
elektronik.
|
3.4.1 menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;
|
4.4 Memeragakan kembaliinformasi yang
disampaikan paparan iklandari media cetak
atauelektronik dengan bantuanlisan, tulis, dan visual.
|
4.4.1 memeragakan kembali
informasi yang disampaikan paparan
iklandari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan
visual;
|
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Mengelompokkanmateri dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkankomponen penyusunnya(zat
tunggal dan
campuran).
|
3.9.1 mengelompokkan materi dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan
|
4.9 Melaporkan hasilpengamatan sifat-sifat
campuran dan komponenpenyusunnya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.9.1 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat
campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengankegiatanmengamatiiklandalam media cetak, siswadapatmenyebutkanisiiklan,
pengertianiklan, sertamenemukanarti kata-kata asingdalamiklandengantepat.
2.
Dengankegiatanmengamatiiklandalam media cetak,
siswadapatmengomunikasikanisiiklan, pengertianiklan, danarti kata-kata
dalamiklandenganpercayadiri.
3.
Dengankegiatanmengamatiberbagaigambarbendatermasukdalamzattunggal,
siswadapatmenuliskanpengertianzattunggaldanmengidentifikasicontohbendatermasukzattunggal
di lingkungansekitardenganbenar.
4.
Dengankegiatanmembacateksmengenaizattunggaldancampuran,
siswadapatmenuliskanpengertianzatcampurandanmenuliskancontohbendatermasukzatcampuran
di lingkungansekitardenganbenar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
teks tentang peristiwa
kedatangan bangsa barat diIndonesia
2.
peta pikiran, mengenai
manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman
3.
teks, tentang mengenai manfaat air bagi manusia,
hewan, dan tanaman)..
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :1.
Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :1.
Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017).
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap
syukur. (PPK: Religius)
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah
dilakukan.
9. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
PROSES KBM
Ayo Mengamati
1. Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar iklan pada
buku siswa.
2. Catatan: Pada kegiatan mengamati, guru menstimulus siswa
agar cermat dalam mengamati gambar iklan.
3. Guru menstimulus daya analisis siswa melalui pertanyaan: Apa
isi iklan tersebut?
4. Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi
iklan secara lisan.
5. Siswa membaca narasi pada buku siswa.
6. Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.
7.
Siswa dapat mencari arti
kata-kata asing dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
8. Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas
hasil jawaban siswa.
9. Siswa mengungkapkan secara lisan mengenai pengertian iklan serta
kata asing yang ditemukan dalam iklan.
10. Guru menanggapi jawaban siswa sekaligus memberikan penegasan
terkait jawaban siswa dan materi iklan.
Ayo Mengamati
1. Siswa diajak mengamati gambar benda benda yang terdapat pada
buku siswa.
2. Guru memberi stimulus kepadasiswamelaluipertanyaan:
Apasajagambar yangterdapatdalambuku?
3. Guru memberi kesempatankepadabeberapasiswauntukmengemukakanjawabannya
di depankelas.
4. Guru mengajaksiswauntukmenyimpulkanpengertianzattunggalberdasarkanhasilpengamatan
yang telahdilakukan. Guru jugamemberikanpenegasanterkaitmaterizattunggal.Hasil
yang DiharapkanSiswamemilikipemahaman yang mendalammengenaizattunggal.
5. Siswamampumengidentifikasizattunggaldalamkehidupanseharihari.
6. Siswamampumengolahdanmenyajikan/menuangkan data/informasi
yang didapatsecaratertulis.
7. Siswamampumengungkapkanpendapatnyasecaralisandenganpercayadiri.
AYO
MEMBACA (LITERASI)
1. Secaramandirisiswadimintauntukmembacateksbacaanmengenaizattunggaldancampuran.
2. Kemudian, Guru
menjelaskankepadasiswamengenaipengertianzattunggaldanzatcampuran.
3. Guru menstimulusdayaanalisissiswadenganmengajukanpertanyaan:
Apasajacontohzattunggaldancampuran?
4. Siswamengemukakanpendapatnyamengenaiberbagaicontohzattunggaldancampurandenganpercayadiri.
5. Selanjutnya, siswamenjawabpertanyaanpadabukusiswa.
6. Guru memberikesempatankepadabeberapasiswauntukmengemukakanjawabannya
di depankelas.
7. Guru
mengajaksiswauntukmenyimpulkanpengertiancampuranberdasarkanhasilpengamatan
yang telahdilakukan.
8. Hasil yang DiharapkanSiswamemiliki rasa ingintahu yang
tinggimengenaizattunggaldancampuran.
9. Siswamemilikipemahamanmendalammengenaipengertianzattunggaldancampuran.
10. Siswamampumengidentifikasizatcampurandalamkehidupanseharihari.
11. Siswamampumengolahdanmenyajikan/menuangkan data/informasi
yang didapatsecaratertulis.
12. Siswamampumengemukakanpendapatnyasecaralisandenganpercayadiri.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan
bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau
negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instumen
|
Bahasa Indonesia
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik
Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
IPA
|
b. Rubrik membuat percobaan menyelidiki
peristiwa menyublim
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
c.
Unjuk Kerja
Muatan
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instumen
|
Bahasa Indonesia
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik
Menulis Berdasarkan KD Bahasa Indonesia 3.4 dan
4.4
|
Diskusi dan unjuk hasil
|
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.
|
IPA
|
Penilaianujiunjukkerja
a. RubrikMenulisBerdasarkan
KD IPA 39 dan 4.9
|
Unjuk kerja dan hasil
|
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.
|
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Jurnal Penilaian Sikap
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
A. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 1 Benda Tunggal dan Campuran
B. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi
C. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya
Kabar gembira, rpp k13 semester 2 kelas 5 tema 8 revisi 2017 sudah tersedia. Kunjungi terus blog ini untuk mengikuti update rpp terbaru kurikulum 2013. Terima kasih