RPP kelas 5 semester genap tema 9 k13 Revisi 2017 terbaru

RPP kelas 5 semester genap tema 9 k13 Revisi 2017 terbaru

Terbaru 2018! rpp kurikulum 2013 tema 9 revisi 2017 kelas 5 dalam format doc dan pdf lengkap dengan sub tema 1 Benda Tunggal dan Campuran, sub tema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi, sub tema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya dan sub tema 4 Kegiatan Berbasis Literasi

Update Januari 2018! bagi kawan-kawan guru yang membutuhkan telah tersedia tema 9 dan subtema terbaru rpp k13 kelas 5 semester genap revisi 2017.

Assalamualaikum teman-teman guru sd. Libur sekolah memang masih lama, walaupun demikian mempersiapkan perangkat pembelajaran semester 2 mulai dari sekarang tentu sangat efektif mengurangi pekerjaan guru.

Bagi sekolah pelakasanaan kurikulum 2013 memang cukup banyak yang harus dipersiapkan untuk membuat perangkat pembelajaran k13 yang baik dan benar.

Salah satu dokumen perangkat pembelajaran yang harus cepat dibuat adalah rpp k13 semester 2. Untuk membuat rpp haruslah disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016. perangkat pendukung lainnya adalah silabus, buku guru revisi 2017, juga permendikbud nomor 24 tahu 2016 sebagai referensi

Pada postingan ke 45 ini blog rpp kurikulum 2013 akan berbagi contoh rpp tematik terpadu k13 revisi 2017 semester 2 tema 9 benda-benda di sekitar kita lengkap dengan sub tema 1, 2, 3 dan 4 juga pembelajaran 1 sampai 6. jelasnya silahkan download melalui tautan dibawah

gambar rpp k13 tema 9 kelas semester 2 revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                        :SDN 21 Rambang Dangku
Kelas /Semester           :  V/2 (dua )
Tema 9                         : Benda-Benda di Sekitar Kita 
Subtema 1                    :  Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran ke-        : 1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia dan IPA,
Alokasi Waktu            :6 x 35 menit(6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis informasiyang disampaikan paparaniklan dari media cetak atau
elektronik.
3.4.1  menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;
4.4 Memeragakan kembaliinformasi yang
disampaikan paparan iklandari media cetak atauelektronik dengan bantuanlisan, tulis, dan visual.
4.4.1 memeragakan  kembali  informasi yang  disampaikan  paparan  iklandari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual;

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Mengelompokkanmateri dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkankomponen penyusunnya(zat tunggal dan
campuran).
3.9.1  mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan
4.9 Melaporkan hasilpengamatan sifat-sifat
campuran dan komponenpenyusunnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.9.1  melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.




C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengankegiatanmengamatiiklandalam media cetak, siswadapatmenyebutkanisiiklan, pengertianiklan, sertamenemukanarti kata-kata asingdalamiklandengantepat.
2.      Dengankegiatanmengamatiiklandalam media cetak, siswadapatmengomunikasikanisiiklan, pengertianiklan, danarti kata-kata dalamiklandenganpercayadiri.
3.      Dengankegiatanmengamatiberbagaigambarbendatermasukdalamzattunggal, siswadapatmenuliskanpengertianzattunggaldanmengidentifikasicontohbendatermasukzattunggal di lingkungansekitardenganbenar.
4.      Dengankegiatanmembacateksmengenaizattunggaldancampuran, siswadapatmenuliskanpengertianzatcampurandanmenuliskancontohbendatermasukzatcampuran di lingkungansekitardenganbenar.
D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.         teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat diIndonesia
2.         peta pikiran, mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman
3.         teks,  tentang mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman)..

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          :1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    :1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
2.     Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.     Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.     Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.     Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.     Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.     Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
15 menit
Kegiatan inti
PROSES KBM
Ayo Mengamati
1.    Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar iklan pada buku siswa.
2.    Catatan: Pada kegiatan mengamati, guru menstimulus siswa agar cermat dalam mengamati gambar iklan.
3.    Guru menstimulus daya analisis siswa melalui pertanyaan: Apa isi iklan tersebut?
4.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi iklan secara lisan.
5.    Siswa membaca narasi pada buku siswa.
6.    Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.
7.    Siswa dapat mencari arti kata-kata asing dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
8.    Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas hasil jawaban siswa.
9.    Siswa mengungkapkan secara lisan mengenai pengertian iklan serta kata asing yang ditemukan dalam iklan.
10.    Guru menanggapi jawaban siswa sekaligus memberikan penegasan terkait jawaban siswa dan materi iklan.


Ayo Mengamati
1.    Siswa diajak mengamati gambar benda benda yang terdapat pada buku siswa.
2.    Guru memberi stimulus kepadasiswamelaluipertanyaan: Apasajagambar yangterdapatdalambuku?
3.    Guru memberi kesempatankepadabeberapasiswauntukmengemukakanjawabannya di depankelas.
4.    Guru mengajaksiswauntukmenyimpulkanpengertianzattunggalberdasarkanhasilpengamatan yang telahdilakukan. Guru jugamemberikanpenegasanterkaitmaterizattunggal.Hasil yang DiharapkanSiswamemilikipemahaman yang mendalammengenaizattunggal.
5.    Siswamampumengidentifikasizattunggaldalamkehidupanseharihari.
6.    Siswamampumengolahdanmenyajikan/menuangkan data/informasi yang didapatsecaratertulis.
7.    Siswamampumengungkapkanpendapatnyasecaralisandenganpercayadiri.
AYO MEMBACA (LITERASI)
1.      Secaramandirisiswadimintauntukmembacateksbacaanmengenaizattunggaldancampuran.
2.      Kemudian, Guru menjelaskankepadasiswamengenaipengertianzattunggaldanzatcampuran.
3.      Guru menstimulusdayaanalisissiswadenganmengajukanpertanyaan: Apasajacontohzattunggaldancampuran?
4.      Siswamengemukakanpendapatnyamengenaiberbagaicontohzattunggaldancampurandenganpercayadiri.
5.      Selanjutnya, siswamenjawabpertanyaanpadabukusiswa.
6.      Guru memberikesempatankepadabeberapasiswauntukmengemukakanjawabannya di depankelas.
7.      Guru mengajaksiswauntukmenyimpulkanpengertiancampuranberdasarkanhasilpengamatan yang telahdilakukan.
8.      Hasil yang DiharapkanSiswamemiliki rasa ingintahu yang tinggimengenaizattunggaldancampuran.
9.      Siswamemilikipemahamanmendalammengenaipengertianzattunggaldancampuran.
10.  Siswamampumengidentifikasizatcampurandalamkehidupanseharihari.
11.  Siswamampumengolahdanmenyajikan/menuangkan data/informasi yang didapatsecaratertulis.
12.  Siswamampumengemukakanpendapatnyasecaralisandenganpercayadiri.
180 menit
Penutup
1.     Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.     Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.     Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.     Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
15 menit


H.  PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
b.   Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
IPA
b. Rubrik membuat percobaan menyelidiki peristiwa menyublim
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

c.    Unjuk Kerja
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Menulis Berdasarkan KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4
Diskusi dan unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.
IPA
Penilaianujiunjukkerja
a. RubrikMenulisBerdasarkan
 KD IPA 39 dan 4.9
Unjuk kerja dan hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.

2.        Bentuk Instrumen Penilaian
a.        Jurnal Penilaian Sikap

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 5 semester genap tema 6 dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".

A. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 1 Benda Tunggal dan Campuran

B. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

C. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 9 sub tema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya

Kabar gembira, rpp k13 semester 2 kelas 5 tema 8 revisi 2017 sudah tersedia. Kunjungi terus blog ini untuk mengikuti update rpp terbaru kurikulum 2013. Terima kasih

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.