Update 2018 ! blog rpp kurikulum 2013 akan berbagi rpp semester 2 kelas 5 edisi terbaru tema 8 lingkungan sahabat kita dalam format doc disusun berdasarkan permendikbud terbaru
Assalamualaikum sabahat pembaca. RPP kelas 5 semester 2 (dua) atau genap kurikulum 2013 revisi 2017 memang sedang banyak dicari oleh guru Indonesia. Walaupun Demikian saat ini ternyata belu ada yang membagikannya di Internet.
Pada postingan ke 44 (empat puluh empat) ini blog rpp k13 akan mencoba berbagi rpp yang telah sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 dalam artian terintegrasi literasi, PPK dan 4C.
Ingin tahu seperti apa format rencana pelaksanaan pembelajaran k13 revisi 2017 kelas 5 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ? Silahkan lihat penampakkannya di bawah ini
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menguraikan urutan peristiwaatau tindakan
yang terdapatpada teks nonfiksi
|
3.8.1 Membaca teks narasi
peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
|
4.8 Menyajikan kembali peristiwaatau tindakan
denganmemperhatikan latar cerita yangterdapat pada teks fiksi
|
4.8.1 Menceritakan kembali peristiwa atau tindakan dengan
memperhatikan latar cerita
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menganalisis siklus air dandampaknya pada
peristiwadi bumi serta kelangsunganmakhluk hidup
|
3.8.1 Melakukan percobaan tahap-tahap dalam siklus
air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
|
4.8 Membuat karya tentang skemasiklus air
berdasarkan informasidari berbagai sumber
|
4.8.1 Mendiskusikan siklus air dan dampaknya bagi
peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap
syukur. (PPK: Religius)
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang
telah dilakukan.
9. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
|
15 menit
|
|
Kegiatan inti
|
Proses KBM
KegiatanPembuka
1. Siswamengamatigambar yang terdapatpadahalaman 1 bukusiswa.
2. Denganbimbingan guru, siswamengidentifikasiberbagaikondisilingkunganpadagambar.
Guru mengaitkankegiataninidenganjudultemaLingkunganSahabat Kita
sertajudulsubtemaManusiadanLingkungan.
3. Guru
dapatmemberikanbeberapapertanyaanuntukmenstimulusketertarikasiswatentang
a. Fakta-faktaapa yang ditunjukkangambargambartersebut?
Jawaban: Gambaratasmenunjukkanlingkungan yang
indahberupaareal persawahan yang subur. Gambarbawahmenunjukkananakanakusia SD
sedangmenanambibittanaman.
b. Apakahlingkunganbergunabagimanusia? Mengapa?
Jawaban: Lingkunganbergunabagimanusia,
karenalingkunganmenyediakansemuakebutuhanhidupmanusia.
c. Keuntunganapa yang diperolehmanusiajikamenjagalingkungan?
Jawaban: Jikamanusiamenjagalingkungan,
semuakebutuhanhidupmanusiadapattercukupi.
d. Apaakibatnyajikamanusiatidakmenjagalingkungan?
Jawaban: Jikamanusiatidakmenjagalingkungan,
lingkunganmenjadirusakdantidakmemberikanmanfaatbahkandapatmenimbulkankerugiandanbencanabagimanusia.
e. Bagaimanakondisilingkungan di sekitarmu?
Jawaban: Siswadimintamenceritakansesuaikondisilingkungannya
4. Siswamembacapengantarmengenai air
sebagaisalahsatuunsurpentingdalamlingkungan. Air
sangatdiperlukanbagikehidupan di bumi.
5. Siswadiajakbertanyajawabmengenaimanfaat air.
1. Siswamembacateksberjudul “Demi AirBersih,
WargaWaboroboRelaBerjalanSejauh15 Kilometer” padabukusiswa.
Kegiatanmembacadapatdilakukansecarabergantian.
2. Salah seorangsiswamembacasatuparagraf,siswa lain
mendengarkan. Paragrafselanjutnyadibacaolehsiswa yang berbeda.
3. Siswamenuliskanperistiwa-peristiwa yang
terdapatpadateksdalambentukpetapikiran. Kemudian,
secarabergantiansiswamenunjukkanpetapikiran yang telahdibuatnya.
AYO
BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
1. Guru mengondisikansiswauntukmelakukankegiatandiskusi,
denganmembuatkelompok-kelompokterdiriatas 4 – 5 siswa.
Setiapkelompokmenjawabpertanyaan-pertanyaanberikut.
a. Apafungsi air bagimanusia?
b. Apafungsi air bagihewan?
c. Apafungsi air bagitumbuhan?
2. Siswamenyajikanhasildiskusinyadalambentukpetapikiran.
Selanjutnyasiswamenyajikanhasildiskusikelompokkepadakelompok lain.
Hasildiskusisemuakelompokdapatdigunakansebagaibahandiskusikelas.
|
180 menit
|
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
|
15 menit
|
Muatan
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instumen
|
Bahasa Indonesia
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik
Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
IPA
|
b. Rubrik membuat percobaan menyelidiki
peristiwa menyublim
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
Muatan
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instumen
|
Bahasa Indonesia
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik
Menulis Berdasarkan KD Bahasa Indonesia 3.8 dan 4.8
|
Diskusi dan unjuk hasil
|
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.
|
IPA
|
Penilaianujiunjukkerja
a. RubrikMenulisBerdasarkan
KD IPA 3.8 dan 4.8
|
Unjuk kerja dan hasil
|
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.
|
A. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 8 sub tema 1 Manusia dan Lingkungan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 SIMPAN DOC
B. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 8 sub tema 2 Perubahan Lingkungan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 SIMPAN DOC
C. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 8 sub tema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 SIMPAN DOC
Kabar gembira, rpp k13 semester 2 kelas 5 tema 8 revisi 2017 sudah tersedia. Kunjungi terus blog ini untuk mengikuti update rpp terbaru kurikulum 2013. Terima kasih