RPP kelas 5 k13 semester Genap terbaru tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Revisi 2017

RPP kelas 5 k13 semester Genap terbaru tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Revisi 2017

terbaru ! rpp semester 2 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 format doc terintegrasi literasi, ppk, 4c dengan sub tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Sub tema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, sub tema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan, dan sub tema 4 karyaku prestasiku dengan pembelajaran 1-6

Update 2018 ! Berbagi rpp tematik terpadu kelas 5 Semester 2 edisi revisi 2017 tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Apakah Anda sedang mencari rpp kelas 5 (lima) kurikulum 2013 semester 2 Tahun pelajaran 2017/2018 dan menemukan blog ini di google? anda datang ke tempat yang tepat karena disini admin akan membagikan referensi untuk mempermudah anda membuat rpp kurtilas edisi revisi 2017.

Kami yakin, semua guru sd pasti sudah tahu kalau rpp edisi revisi 2017 harus sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016. Itu artinya rpp harus memuat literasi, PPK dan 4C.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh rpp yang sudah mengikuti perubahan terbaru kurikulum 2013 tahun 2017. Link download rpp ada di bawah setelah ini

gambar rpp k13 revisi 2017 kelas 5 semester 2
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”.Integritas
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.Communication
15 menit
Inti
§  Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengingatkan kembalitentang kegiatan yang dilakukan sebelumnya, dimana siswa dalamkelompok memetakan keterampilan yang dimilikinya dan melihatbahwa dalam satu kelas atau dalam satu kelompok terdapat keragamanketerampilan dan masing-masing keterampilan tersebut salingmendukung satu sama lain. Diskusi awal kegiatan ini dimaksudkan untukmemberikan pemahaman kepada siswa tentang manfaat keragamandalam kehidupan masyarakat dalam contoh yang sederhana dankontekstual.Communication
§  Siswa membaca teks informasi mengenaiorganisasi budaya. Guru memandusiswa dengan meminta siswa untukmenggarisbawahi informasi-informasi pentingLiterasi
§  Hal-hal pokok yang perlu diidentifikasikandalam teks bacaan :Critical Thinking and Problem Solving
-       Bentuk-bentuk keragaman yang dijumpaidalam bacaan
-       Manfaat keragaman tersebut bagimasyarakat terkait Siapa saja yang terlibat dalam cerita yang disajikan pada teks bacaan.
§  Guru membahas hal-hal penting dari bacaan dan melanjutkan aktivitas berikutnya dengan meminta siswa untuk membuat sebuah gambar yang menceritakan tentang beragam aktivitas yang berlangsung di dalam sebuah sanggar tari. Setting sanggar tari dapat diganti dengan hal yang lain namun tetap mencerminkan kondisi organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya.Communication
§  Guru memandu siswa untuk memastikan bahwa dalam gambar yang mereka buat, terlihat bentuk-bentuk keragaman.
§  Siswa melengkapi gambar yang mereka buat dengan sebuah cerita singkat tentang keragaman yang terdapat dalam sanggar tari/organisasi sosial budaya tersebut, cerita memberikan penekanan pada realitas Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat.Nasionalis
§  Siswa dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam kegiatan pada halaman 101 sebagai panduan dalam membuat gambar dan cerita.Literasi
§  Guru memberikan penekanan tentang pentingnya nilai kebersamaan dalam keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunanNasionalis
§  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang PPKn KD 3.3 dan 4.3.
180 menit
§  Guru menggunakan gambar iklan tentangkeragaman sosial budaya Indonesia sebagaimodal pembanguan nasional, untukmenstimulus diskusi kelas tentang manfaatkeragaman sosial budaya bagi masyarakat.Communication
§  Siswa menyebutkan contoh-contoh keragamansosial budaya yang dapat ditemukan di daerahsekitarnya.Mandiri
§  Guru memimpin diskusi untuk mengingatkankembali manfaat keberagaman bagikomunitas/masyarakat.Collaboration
§  Siswa menuliskan manfaat keragaman sosialbudaya bagi masyarakat pada kolom yangdisediakan di Buku Siswa.Nasionalis
§  Kegiatan ini ditujukan untuk memberikanpemahaman kepada siswa tentang KD IPS 3.2dan 4.2.
§  Guru melanjutkan pembahasan tentangkeragaman sebagai modal pembangunanbangsa dengan mengingatkan kembalirancangan iklan yang siswa buat sebelumnya.Communication
§  Siswa bersama dengan kelompoknyamelanjutkan rancangan tersebut denganmembuat naskah iklannya. Siswamenggunakan format naskah iklan yangdisediakan di Buku Siswa.Gotong Royong
§  Sebagai bagian penting dari iklan yang merekasiapkan, siswa harus menentukan kata kunciyang akan digunakan dan membuat sketsagambar berdasarkan naskah yang merekabuat.Mandiri
§  Guru mengingatkan kembali tentang ciri-ciriiklan yang efektif : menarik konsumen, singkatdan jelas, da mudah diingat. Kegiatan ini dapatdigunakan untuk mengambil nilai bahasaIndonesia KD 3.4 dan 4.4.Communication
§  Kegiatan ini merupakan latihan dan contohyang tepat dimana siswa dapat berlatihmengimplementasikan pemahamannyatentang manfaat keragaman dalam bekerjasama. Guru memandu siswa dalam melakukanrefleksi kegiatan dan memandu siswa dalammembuat kesimpulan dari refleksi yangdilakukan.Integritas
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukanpenilaianhasilbelajar
§  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 5 semester genap tema 7 dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".

A. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

B. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

C. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Kabar gembira ! rpp tematik terpadu kelas 5 k13 revisi 2017 tema 7 lengkap dengan sub tema 1, 2, 3 dan 4 sudah tersedia.

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.