Update 2018 ! Berbagi rpp tematik terpadu kelas 5 Semester 2 edisi revisi 2017 tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Apakah Anda sedang mencari rpp kelas 5 (lima) kurikulum 2013 semester 2 Tahun pelajaran 2017/2018 dan menemukan blog ini di google? anda datang ke tempat yang tepat karena disini admin akan membagikan referensi untuk mempermudah anda membuat rpp kurtilas edisi revisi 2017.
Kami yakin, semua guru sd pasti sudah tahu kalau rpp edisi revisi 2017 harus sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016. Itu artinya rpp harus memuat literasi, PPK dan 4C.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh rpp yang sudah mengikuti perubahan terbaru kurikulum 2013 tahun 2017. Link download rpp ada di bawah setelah ini
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”.Integritas
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.Communication
|
15 menit
|
Inti
|
§ Guru membuka kegiatan pembelajaran
dengan mengingatkan kembalitentang kegiatan yang dilakukan sebelumnya, dimana
siswa dalamkelompok memetakan keterampilan yang dimilikinya dan melihatbahwa
dalam satu kelas atau dalam satu kelompok terdapat keragamanketerampilan dan
masing-masing keterampilan tersebut salingmendukung satu sama lain. Diskusi
awal kegiatan ini dimaksudkan untukmemberikan pemahaman kepada siswa tentang
manfaat keragamandalam kehidupan masyarakat dalam contoh yang sederhana
dankontekstual.Communication
§ Siswa membaca teks informasi
mengenaiorganisasi budaya. Guru memandusiswa dengan meminta siswa
untukmenggarisbawahi informasi-informasi pentingLiterasi
§ Hal-hal pokok yang perlu diidentifikasikandalam
teks bacaan :Critical Thinking and
Problem Solving
- Bentuk-bentuk keragaman yang
dijumpaidalam bacaan
- Manfaat keragaman tersebut
bagimasyarakat terkait
Siapa saja yang terlibat dalam cerita yang disajikan pada teks bacaan.
§ Guru membahas hal-hal penting dari bacaan dan melanjutkan
aktivitas berikutnya dengan meminta siswa untuk membuat sebuah gambar yang
menceritakan tentang beragam aktivitas yang berlangsung di dalam sebuah
sanggar tari. Setting sanggar tari dapat diganti dengan hal yang lain namun
tetap mencerminkan kondisi organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya.Communication
§ Guru memandu siswa untuk memastikan bahwa dalam gambar yang
mereka buat, terlihat bentuk-bentuk keragaman.
§ Siswa melengkapi gambar yang mereka buat dengan sebuah
cerita singkat tentang keragaman yang terdapat dalam sanggar tari/organisasi
sosial budaya tersebut, cerita memberikan penekanan pada realitas Bhineka
Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat.Nasionalis
§ Siswa dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan
dalam kegiatan pada halaman 101 sebagai panduan dalam membuat gambar dan
cerita.Literasi
§ Guru memberikan penekanan tentang pentingnya nilai
kebersamaan dalam keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunanNasionalis
§ Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk
memberikan pemahaman kepada siswa tentang PPKn KD 3.3 dan 4.3.
|
180 menit
|
§ Guru menggunakan gambar iklan
tentangkeragaman sosial budaya Indonesia sebagaimodal pembanguan nasional,
untukmenstimulus diskusi kelas tentang manfaatkeragaman sosial budaya bagi
masyarakat.Communication
§ Siswa menyebutkan contoh-contoh
keragamansosial budaya yang dapat ditemukan di daerahsekitarnya.Mandiri
§ Guru memimpin diskusi untuk
mengingatkankembali manfaat keberagaman bagikomunitas/masyarakat.Collaboration
§ Siswa menuliskan manfaat keragaman
sosialbudaya bagi masyarakat pada kolom yangdisediakan di Buku Siswa.Nasionalis
§ Kegiatan ini ditujukan untuk
memberikanpemahaman kepada siswa tentang KD IPS 3.2dan 4.2.
|
||
§
Guru melanjutkan pembahasan tentangkeragaman sebagai
modal pembangunanbangsa dengan mengingatkan kembalirancangan iklan yang siswa
buat sebelumnya.Communication
§
Siswa bersama dengan kelompoknyamelanjutkan rancangan
tersebut denganmembuat naskah iklannya. Siswamenggunakan format naskah iklan
yangdisediakan di Buku Siswa.Gotong Royong
§
Sebagai bagian penting dari iklan yang merekasiapkan,
siswa harus menentukan kata kunciyang akan digunakan dan membuat sketsagambar
berdasarkan naskah yang merekabuat.Mandiri
§
Guru mengingatkan kembali tentang ciri-ciriiklan yang
efektif : menarik konsumen, singkatdan jelas, da mudah diingat. Kegiatan ini
dapatdigunakan untuk mengambil nilai bahasaIndonesia KD 3.4 dan 4.4.Communication
§
Kegiatan ini merupakan latihan dan contohyang tepat
dimana siswa dapat berlatihmengimplementasikan pemahamannyatentang manfaat
keragaman dalam bekerjasama. Guru memandu siswa dalam melakukanrefleksi
kegiatan dan memandu siswa dalammembuat kesimpulan dari refleksi
yangdilakukan.Integritas
|
||
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
§
Melakukanpenilaianhasilbelajar
§
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing
(untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
|
15 menit
|
A. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 SIMPAN DOC
B. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
- PEMBELAJARAN 1 Sampai 6 SIMPAN DOC
C. RPP k13 kelas 5 semester genap revisi 2017 tema 7 sub tema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 SIMPAN DOC
Kabar gembira ! rpp tematik terpadu kelas 5 k13 revisi 2017 tema 7 lengkap dengan sub tema 1, 2, 3 dan 4 sudah tersedia.