Banyak guru sd bertanya kepada saya mengenai perangkat pembelajaran PAI SD kelas II yang sudah di revisi 2017 berbasis kurikulum 2013. Oleh karena itulah pada postingan ini akan mencoba menyempatkan diri mempublikasikannya sebagai referensi saja.
Sebagaimana kita ketahui bahwa k13 atau kurtilas telah kembali mengalami revisi sehingga harus dibuat berdasarkan aturan yang berlaku. salah satu aturan tersebut adalah rpp harus disusun sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Adapun berikut adalah adalah contoh rpp pai kelas 2 (dua) kurikulum 2013 revisi 2017 yang sudah terintegrasi literasi, ppk, 4c dan hots sebagai referensi. semoga bermanfaat ya
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.14 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
2.14 Menunjukkan
perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
Nabi Ya’qub a.s.
3.1
Memahami
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.3
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara
klasikal maupun individual.
·
Mengamati
gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau
individual.
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi
Ya’qub a.s.
·
Mendiskusikan
isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun
kelompok.
·
Membuat
rumusan hasil diskusi tentang
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·
Mengidentifikasi
perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·
Menyampaikan
kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s.
secara individu maupun perwakilan kelompok.
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual
atau kelompok.
·
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan
siswa mampu:
1.
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara
klasikal maupun individual.
2.
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan
Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau individual.
3.
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.
Mendiskusikan isi gambar tentang
keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
5.
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
6.
Mengidentifikasi perilaku terpuji
dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
7.
Menyampaikan kisah singkat tentang
peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan
kelompok.
8.
Menyampaikan hasil diskusi tentang
keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok.
9.
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual atau kelompok.
10.
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
11.
Membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru.
C.
Materi
Pembelajaran.
Jujur Nabi
Ya’qub a.s.
A. Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.
Nabi Ya’q µb a.s.
utusan Allah Swt.
Beliau mengajak
umatnya menyembah Allah Swt.,
dan memimpin
umatnya ke jalan yang benar.
Nabi Ya’qub a.s. terkenal sangat
sayangkepada umatnya, keluarga dan anak-anaknya.
Karena sikap kasih
sayangnya itu,Allah Swt. selalu memberikan perlindungan kepada Nabi Ya’qub a.s.dari perbuatan
jahat musuh-musuhnya.
B. Kasih Sayang kepada Sesama
Allah Swt. sangat
mencintai hamba-Nyayang berbuat kasih sayang kepada sesama makhluk.Kasih sayang
kepada sesama manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan alam.
D. Metode
Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning,
demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran :Saintifik
E. Mediadan
Alat/Bahan Pembelajaran
·
Laptop dan
Infocus
·
Powerpoint Materi
Pembelajaran
·
Gambar/foto
·
Spidol dan
whiteboard
F. Sumber
Pembelajaran
·
Al-Qur’an dan Terjemahan
·
Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas II, Kemendikbud, Revisi 2017.
·
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam &
Budi Pekerti Kelas II, Kemendikbud, Revisi 2017.
·
Buku referensi lain yang relevan
·
Lingkungan setempat
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
|
Guru
Orientasi
·
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah
siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya
cita – cita.
·
Menyanyikan salah satu Lagu
Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
·
Siswa diminta untuk memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas
·
Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·
Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi sesuai tema
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
·
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
|
30 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Materi : Jujur
Nabi Ya’qub a.s.
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
·
Pembiasaan membaca 15 menit
dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh
dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina,
Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
·
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
apa judulbuku?
-
kira-kira buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·
Guru
membacakan cerita pada buku dan
menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan
seksama.
·
Setelah guru membacakan buku, siswa diminta
menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
·
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·
Berikan penguatan bahwa cita –
cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.dengan cara :
Ø Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan
Ø Mengamati
Lembar kerja materi :Jujur
Nabi Ya’qub a.s.
pemberian
contoh-contoh materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
Ø Membaca.
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Jujur
Nabi Ya’qub a.s.
Ø Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait :Jujur Nabi
Ya’qub a.s.
Ø Mendengar
Pemberian materi :Jujur
Nabi Ya’qub a.s.oleh
guru
Ø Menyimak
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Jujur
Nabi Ya’qub a.s.
·
Siswa diajak untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·
Siswa mempertunjukkan hasil kerja
kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi
dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil
kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian
tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni
yang indah
·
Siswa dan guru merayakan kegiatan
pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
|
165 menit
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
:Jujur
Nabi Ya’qub a.s.
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
|
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian
·
Mengamati dengan seksama materi sub :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain
selain buku teks
·
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sedang dipelajari
Aktivitas
·
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
·
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Jujur Nabi
Ya’qub a.s.yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Mengumpulkan informasi
·
Mencatat semua informasi tentang materi :Jujur Nabi Ya’qub
a.s.yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
materi dengan rasa percaya diri sub tema :Jujur Nabi Ya’qub a.s.sesuai
dengan pemahamannya
Saling tukar informasi
tentang
materi:
·
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat
|
|
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
:Jujur Nabi Ya’qub
a.s.
mengolah informasi
dari materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub
a.s.
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentangmateri :Jujur Nabi
Ya’qub a.s.berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub
a.s.
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas
presentasi tentang materi :Jujur
Nabi Ya’qub a.s.yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub
a.s.
Menjawab pertanyaan
tentang materi :Jujur Nabi Ya’qub
a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi :Jujur Nabi
Ya’qub a.s.yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi :Jujur Nabi
Ya’qub a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø Apa
saja yang telah dipahami siswa?
Ø Apa
yang belum dipahami siswa?
Ø Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?
Materi
tentang sub tema:
yang baru dilakukan
·
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk
menyampaikan kegiatan bersama orangtua
·
Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·
Siswa menyanyikan lagu
gembira
· Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·
Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan
ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
·
Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta
didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya
sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya
menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya
sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud
dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format
penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Untuk mendapatkan password rar file lengkap format rpp kelas 2 PAI revisi 2017 semester genap dan ganjil dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".