rpp pai kelas 2 k13 revisi 2017 terbaru semester Genap dan ganjil

rpp pai kelas 2 k13 revisi 2017 terbaru semester Genap dan ganjil

Terbaru 2018 ! sudah tersedia rpp pai kelas 2 k13 revisi 2017 terbaru lengkap format doc dan pdf semua materi pelajaran dilengkap dengan perangkat pembelajaran prota, promes, silabus, pemetaan, kkm siap edit

Banyak guru sd bertanya kepada saya mengenai perangkat pembelajaran PAI SD kelas II yang sudah di revisi 2017 berbasis kurikulum 2013. Oleh karena itulah pada postingan ini akan mencoba menyempatkan diri mempublikasikannya sebagai referensi saja.

Sebagaimana kita ketahui bahwa k13 atau kurtilas telah kembali mengalami revisi sehingga harus dibuat berdasarkan aturan yang berlaku. salah satu aturan tersebut adalah rpp harus disusun sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Adapun berikut adalah adalah contoh rpp pai kelas 2 (dua) kurikulum 2013 revisi 2017 yang sudah terintegrasi literasi, ppk, 4c dan hots sebagai referensi. semoga bermanfaat ya

gambar rpp pai kelas 2 revisi 2017 terbaru

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.14  Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
2.14  Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
3.1        Memahami kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.3        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.


B.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
1.      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara klasikal maupun individual.
2.      Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau individual.
3.      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok.
5.      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
6.      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
7.      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok.
8.      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok.
9.      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual atau kelompok.
10.  Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
11.  Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

C.      Materi Pembelajaran.
Jujur Nabi Ya’qub a.s.
A.  Kasih Sayang Nabi  Ya’qub a.s.
Nabi Ya’q µb a.s. utusan Allah Swt.
Beliau mengajak umatnya menyembah Allah Swt.,
dan memimpin umatnya ke jalan yang benar.
Nabi Ya’qub a.s. terkenal sangat sayangkepada umatnya, keluarga dan anak-anaknya.
Karena sikap kasih sayangnya itu,Allah Swt. selalu memberikan perlindungan kepada Nabi Ya’qub a.s.dari perbuatan jahat musuh-musuhnya.

B.  Kasih Sayang kepada Sesama
Allah Swt. sangat mencintai hamba-Nyayang berbuat kasih sayang kepada sesama makhluk.Kasih sayang kepada sesama manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan alam.



D.      Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran  :Saintifik

E.       Mediadan Alat/Bahan Pembelajaran
·      Laptop dan Infocus
·      Powerpoint Materi Pembelajaran
·      Gambar/foto
·      Spidol dan whiteboard

F.       Sumber Pembelajaran
·      Al-Qur’an dan Terjemahan
·      Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas II, Kemendikbud, Revisi 2017.
·      Buku Siswa Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas II, Kemendikbud, Revisi 2017.
·      Buku referensi lain yang relevan
·      Lingkungan setempat

G.      Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan



Guru
Orientasi
·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·         Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.
·         Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·         Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·         Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sesuai tema
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

30 menit
Kegiatan Inti
Materi : Jujur Nabi Ya’qub a.s.

Sintak Model Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
·         Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).

·         Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-       apa yang tergambar pada sampul buku?
-       apa judulbuku?
-       kira-kira buku ini menceritakan apa?
-       pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-       apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·         Guru  membacakan cerita pada buku dan  menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·         Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
·         Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·         Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.

·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.dengan cara :
Ø  Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan
Ø  Mengamati
Lembar kerja materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
pemberian contoh-contoh materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Ø  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Ø  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Ø  Mendengar
Pemberian materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.oleh guru
Ø  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
·         Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·         Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni yang indah
·         Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
165 menit
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

:Jujur Nabi Ya’qub a.s.

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
·         Mengamati dengan seksama materi sub :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain selain buku teks
·         Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sedang dipelajari
Aktivitas
·         menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
·         mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Mengumpulkan informasi
·         Mencatat semua informasi tentang materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·         Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema :Jujur Nabi Ya’qub a.s.sesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi tentang materi:
·         :Jujur Nabi Ya’qub a.s.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
mengolah informasi dari materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Jujur Nabi Ya’qub a.s.


Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentangmateri :Jujur Nabi Ya’qub a.s.berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  :Jujur Nabi Ya’qub a.s.dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas presentasi tentang materi  :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Menjawab pertanyaan tentang materi  :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  :Jujur Nabi Ya’qub a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan : Selama pembelajaran  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Penutup
·            Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø  Apa saja yang telah dipahami siswa?
Ø  Apa yang belum dipahami siswa?
Ø  Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
Materi tentang sub tema:
yang baru dilakukan

·           Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·           Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua
·           Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·           Siswa menyanyikan lagu gembira
·        Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·           Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
·           Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit

I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
C
2
...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
•   BS : Bekerja Sama
•   JJ : Jujur
•   TJ : Tanggun Jawab
•   DS : Disiplin

Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100        = Sangat Baik
75          = Baik
50          = Cukup
25          = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Untuk mendapatkan password rar file lengkap format rpp kelas 2 PAI revisi 2017 semester genap dan ganjil dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".
  • RPP Jujur Nabi Ya’qub a.s. semester genap - COMOT RPP

  • RPP As- Salam pai kelas 2 semester genap - COMOT RPP

  • RPP Sikap damai Nabi Ishaq a.s. semester genap - COMOT RPP

  • RPP Salat dan tatacaranya semester genap - COMOT RPP

  • RPP Disiplin Nabi Luţ a.s semester genap - COMOT RPP

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.