Beberapa hari ini admin blog rpp k13 belum bisa mempublikasikan postingan dikarenakan ada kesibukan lain yakni melayani pembeli Perangkat pembelajaran yang lumayan banyak alhamdulillah ya rezeki.
Baiklah melanjutkan postingan kali ini akan segera admin bagikan referensi rpp k13 mata pelajaran PAI kelas 1 sd semester genap terbaru yang sudah direvisi tahun 2017.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat contoh rpp pai kelas 1 terbaru dibawah ini. Semoga bermanfaat ya
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.10 Meyakini bahwa bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya diri sebagai cerminan dari iman.
2.10 Menunjukkan perilaku bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya diri.
3.2
Memahami makna bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diri.
4.2
Mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur
dan percaya diri.
|
· Menyimak
penjelasan pentingnya memiliki perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara klasikal
atau individual.
· Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara klasikal atau
individual.
· Melalui motivasi
dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya apa saja saja contoh perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri?
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara klasikal
maupun kelompok.
· Membuat rumusan
hasil diskusi kelompok tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
· Mengidentifikasi
berbagai kegiatan tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara
kelompok.
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara
individual atau kelompok.
· Mencontohkan
dengan cara bermain peran/ perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara
individual maupun kelompok.
· Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan
siswa mampu:
1.
Menyimak penjelasan pentingnya
memiliki perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara
klasikal atau individual.
2.
Mengamati gambar/tayangan contoh
perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara klasikal atau
individual.
3.
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diri.
4.
Mengajukan pertanyaan, misalnya apa
saja saja contoh perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri?
5.
Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
6.
Mendiskusikan isi gambar tentang
perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
7.
Mendiskusikan isi gambar tentang
perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara klasikal
maupun kelompok.
8.
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
9.
Mengidentifikasi berbagai kegiatan
tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri.
10.
Menyampaikan hasil diskusi tentang
perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara kelompok.
11.
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
tentang perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara
individual atau kelompok.
12.
Mencontohkan dengan cara bermain peran/
perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri secara individual
maupun kelompok.
13.
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
14.
Membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru.
C.
Materi
Pembelajaran.
Perilaku terpuji bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya diri
D. Metode
Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning,
demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran :Saintifik
E. Mediadan
Alat/Bahan Pembelajaran
·
Laptop dan
Infocus
·
Powerpoint Materi
Pembelajaran
·
Gambar/foto
·
Spidol dan
whiteboard
F. Sumber
Pembelajaran
·
Al-Qur’an dan Terjemahan
·
Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.
·
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam &
Budi Pekerti Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.
·
Buku referensi lain yang relevan
·
Lingkungan setempat
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
|
Guru
Orientasi
·
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah
siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya
cita – cita.
·
Menyanyikan salah satu Lagu
Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
·
Siswa diminta untuk memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas
·
Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·
Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi sesuai tema
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
·
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
|
30 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Materi : Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
·
Pembiasaan membaca 15 menit
dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh
dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina,
Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
·
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
apa judulbuku?
-
kira-kira buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·
Guru
membacakan cerita pada buku dan
menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan
seksama.
·
Setelah guru membacakan buku, siswa diminta
menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
·
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·
Berikan penguatan bahwa cita –
cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diridengan cara :
Ø Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan
Ø Mengamati
Lembar kerja materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
pemberian
contoh-contoh materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diriuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
Ø Membaca.
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
Ø Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
Ø Mendengar
Pemberian materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya dirioleh guru
Ø Menyimak
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
·
Siswa diajak untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·
Siswa mempertunjukkan hasil kerja
kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi
dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil
kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian
tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni
yang indah
·
Siswa dan guru merayakan kegiatan
pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
|
165 menit
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
:Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
|
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian
·
Mengamati dengan seksama materi sub :Perilaku terpuji bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya diriyang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
Membaca sumber lain
selain buku teks
·
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diriyang sedang dipelajari
Aktivitas
·
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diriyang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
·
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan
percaya diri
Mengumpulkan informasi
·
Mencatat semua informasi tentang materi :Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Mempresentasikan ulang
·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
materi dengan rasa percaya diri sub tema :Perilaku terpuji bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya dirisesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi
tentang
materi:
·
:Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat
|
|
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
:Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
mengolah informasi
dari materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Perilaku terpuji bersyukur,
pemaaf, jujur dan percaya diri
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentangmateri :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriberupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf,
jujur dan percaya diridan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas
presentasi tentang materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri
Menjawab pertanyaan
tentang materi :Perilaku terpuji
bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang akan selesai
dipelajari
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi :Perilaku
terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diriyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø Apa
saja yang telah dipahami siswa?
Ø Apa
yang belum dipahami siswa?
Ø Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?
Materi
tentang sub tema:
yang baru dilakukan
·
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk
menyampaikan kegiatan bersama orangtua
·
Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·
Siswa menyanyikan lagu
gembira
· Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·
Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan
ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
·
Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta
didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya
sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya
menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 1 PAI revisi 2017 semester genap dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".
- RPP Asmaul Husna Al-Malik semester genap - COMOT RPP
- RPP Perilaku terpuji bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri semester genap - COMOT RPP
- RPP Berkata yang baik, sopan dan santun semester genap - COMOT RPP
- RPP Șalat wajib dan mengaji semester genap - COMOT RPP
- RPP Dua Kalimat Syahadat semester genap - COMOT RPP