Assalamualaikum Sahabat pembaca blog rpp kurikulum 2013. Terima kasih anda masih betah berkunjung di sini. Pada postingan ke 95 (sembilan puluh lima) ini masih akan berbagi tentang Kurikulum 2013 yakni perangkat pembelajaran SMA mata pelajaran sosiologi kelas 11.
Guru merupakan profesi yang terpuji. Karena merekalah sistem pendidikan di Indonesia ini sukses, dan berkat didikannya pula ada banyak generasi penerus bangsa yang kreatif. Kesimpulannya guru itu merupakan pekerjaan yang bermanfaat untuk orang banyak.
Tugas guru adalah mengajar di kelas, namun agar kegiatan pembelajaran berhasil, maka diperlukan perencanaan yang matang yang disusun menjadi dokumen tertulis. Dokumen inilah yang disebut dengan perangkat pembelajaran. di dalamnya terdapat salah satu perangkat penting yaitu Rencana pelaksanaan pembelajaran.
RPP harus disusun berdasarkan aturan yang berlaku saat ini, misalnya rpp k13 yang sudah revisi harus disusun dengan acuannya permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan memuat point penting pada kegiatan pembelajaran yaitu literasi, ppk, 4c dan hots.
Sesuai judul postingan ini, berikut kami bagikan contoh rpp sosiologi kelas xi kurikulum 2013 revisi 2017 semester genap dan ganjil sebagai referensi guru SMA.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Sekolah
:SMAN
2 Gunung Megang
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester
: XI/Genap
Materi
Pokok : Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
Alokasi
Waktu : 6 Minggu x 4
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati
dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4
Menganalisis konflik sosial dan cara
memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya
kehidupan yang damai di masyarakat.
|
· Memahami akar
masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
· Memahami
resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
· Memahami peran
mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan
perdamaian
· Mengidentifikasi
gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami
perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang
tidak terselesaikan secara damai)
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang sebab-sebab/latar belakang
terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai
penyelesaian tanpa kekerasan
· Mengumpulkan
data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan
penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
· Mengidentifikasi
dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat
setempat
· Menganalisis
konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik
demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
|
4.4
Memetakan konflik untuk dapat
melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan perdamaian di masyarakat.
|
· Memetakan
konflik untuk dapat melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan
perdamaian di masyarakat.
· Menganalisis
dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian
konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam
rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
· Merumuskan
hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian
konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa
kekerasan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami
akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
·
Memahami
resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
·
Memahami
peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan
perdamaian
·
Mengidentifikasi
gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan
antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak
terselesaikan secara damai)
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang sebab-sebab/latar belakang
terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai
penyelesaian tanpa kekerasan
·
Mengumpulkan
data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan
penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
·
Mengidentifikasi
dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat
·
Menganalisis
konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik
demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
·
Memetakan
konflik untuk dapat melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan
perdamaian di masyarakat.
·
Menganalisis
dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian
konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam
rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
·
Merumuskan
hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian
konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa
kekerasan
D.
Materi
Pembelajaran
·
Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
·
Pemetaan
konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
·
Akar
masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
·
Resolusi
konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
·
Peran
mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur,
leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan
:
Ø Penggaris, spidol, papan
tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD
audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan
film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film
dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD,
dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
v Buku SosiologiSiswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
v Pengalaman peserta didik dan
guru
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (4 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan, dan
perdamaian
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 150 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaiandengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaian.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Berbagai fakta
tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianuntuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Berbagai fakta
tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaian.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaian.
v Mendengar
Pemberian
materi Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaianoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Berbagai fakta
tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaianyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Berbagai fakta
tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaian.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriBerbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaiansesuai dengan
pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
v Mengolahinformasi dari materi
Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaianyang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaian.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaianberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaiandan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang akan selesai
dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaianberlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan,
dan perdamaian.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan,
dan perdamaian.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaiankepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian
(terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Soedarmono
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
- download rpp sosiologi materi pokok Konflik, kekerasan, dan perdamaian (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp sosiologi materi pokok Pemecahan masalah konflik dan kekerasan (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp sosiologi materi pokok Pembentukan kelompok sosial (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp sosiologi materi pokok Permasalahan sosial dalam masyarakat (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp sosiologi materi pokok Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial (semester genap) - COMOT RPP