Terbaru 2018! rpp matematika kelas 5 kurtlas revisi 2017 semester genap format doc dan pdf lengkap semua materi pokok bangun ruang, jaring bangun ruang, penyajian data, dan Interprestasi data siap edit. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat
Assalamualaikum sahabat guru sd indonesia. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kurikulum 2013 sudah mengalami revisi 2017. Terkait dengan hal tersebut ternyata perubahan tersebut mempengaruhi pembelajaran. oleh karena itu, pada postingan kali ini akan admin bahas tentang revisi k13 terbaru 2017.
Bapak ibu guru yang saya hormati, tahukan anda kalau revisi k13 terbaru 2017 terkait dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Dimana pada komponen RPP yang terbaru harus memunculkan poin penting yakni kegiatan literasi, PPK, hots dan 4C. Dengan demikian sangat dibutuhkan kreatifitas guru dalam membuat perangkat mengajar yang efektif.
Adapun agar dokumen tertulis rencana pelaksanaan pembelajaran guru sd bisa mengikuti perubahan k13 maka harus disusun berdasakan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
berikut ini adalah contoh rpp matematika k13 revisi 2017 semester genap dengan materi pokok volume bangun ruang yang sudah terbaru.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 5 Tanjung Enim
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
/Semester : V /Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Volume
Bangun Ruang
Alokasi
Waktu : 18 JP (6
Pertemuan)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan
peserta didik diharapkan dapat
1.
Siswa
dapat mengenal bagian-bagian kubus
2.
Siswa
dapat menghitung volum kubus.
3.
Siswa
dapat mengenal bagian-bagian balok.
4.
Siswa
dapat menghitung volum balok
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
(IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.5
Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang
dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan
pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
|
3.5.1 Memahami satuan
volume
3.5.2 Menganalisis
unsur dan volume kubus
3.5.3 Menganalisis
unsur dan volume balok
3.5.4 Memahami cara
menentukan volume kubus dan balok
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan
volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
|
4.5.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
4.5.2 Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan
volume
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Fakta:
Contoh-contoh
gambar balok dan kubus
2.
Konsep
· Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
· Balok disebut prisma siku-siku.
Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
3.
Prinsip
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun
ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
4.
Prosedur
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan
menggunakan satuan volume
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun
ruang dengan menggunakan satuan volume
D. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan
Tayang
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku
Siswa Matematika Kelas V Revisi 2017
2.
Buku
Petunjuk Guru Matematika Kelas V Revisi 2017
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber
lain yang relevan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 35
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran(PPK: Religius)
2.
Memeriksa kehadiran peserta
didik (PPK: Disiplin).
3.
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya: Membuat
denah yang skalanya diketahui.
2.
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
3.
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
a. Menghitung volume kubus
menggunakan kubus satuan
b. Menghitung volume balok
menggunakan kubus satuan
3.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
4.
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
3.
Pembagian kelompok belajar
4.
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v Melihat(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
Lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
1.
Materi yang
disampaikan guru
2.
Contoh-contoh
soal yang berkaitan
v Membaca (Literasi)
Dilakukan
di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket
atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v Mendengar
Mendengarkan
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v Menyimak
Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
MENANYA (4C:
CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan Pertanyaan
Mengajukan
pertanyaan dengan santuntentang :
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
MENGUMPULKAN
INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Membaca
sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v Mengumpulkan
informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v
Aktivitas
1.
Guru meminta siswa untuk memberikan tanggapan
atau pendapatnya mengenai gambar yang disediakan oleh guru atau yang
terdapat pada buku teks
2.
Guru meminta
peserta didik untuk membaca kembali materi tentang mengitung volume
kubus dan balok menggunakan kubus satua
3.
Peserta didik diminta untuk menghitung volume
balok dengan kubus satuan berikut
v Mempraktikan
v Mendiskusikan(4C: Collaboration)
Saling
tukar informasi tentang :
1. Menghitung volume kubus menggunakan
kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
1. Menghitung volume kubus menggunakan
kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
1. Menghitung volume kubus menggunakan
kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran.
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
1.
Menghitung
volume kubus menggunakan kubus satuan
2.
Menghitung
volume balok menggunakan kubus satuan
|
|
75
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
1.
Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
2.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
1.
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
2.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
3.
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
4.
Mengagendakan pekerjaan rumah.
5.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
F.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a)
Pilihan
ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
b.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan,
wawancara’
a)
Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
b)
Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
c)
Menyelesaikan
tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)
Portofolio / unjuk kerja
a)
Laporan
tertulis individu/ kelompok
3)
Produk
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
f.
Pertemuan
Keenam (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial dan
Pengayaan
a. Remedial
1)
Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
2)
Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut:
Peserta
didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat
jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit
setelah jam pelajaran selesai).
b.
Pengayaan
1)
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3)
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Peserta didik
yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan
oleh guru berupa
pertanyaan-pertanyaan pilihan
ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
- RPP bangun ruang kelas 5 semester genap - COMOT RPP
- RPP Jaring bangun ruang kelas 5 semester genap - COMOT RPP
- RPP penyajian data tunggal kelas 5 semester genap - COMOT RPP
- RPP interprestasi data kelas 5 semester genap - COMOT RPP