Perubahan kurikulum 2013 tahun 2018 yang sudah dilaksanakan di Indonesia membuat guru sd yang belum pernah ikut pelatihan masih bingung dalam membuat rencana Pelaksanaan pembelajaran (rpp) yang baru versi revisi.
Salah satu rpp k13 edisi revisi tentu saja sudah terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang memuat literasi, penguatan pendidikan karakter juga implementasi 4C yaitu Critical-Thinking and Problem-Solving Skills, Communication and Collaboration Skills, Creativity and Innovation Skills dan Contextual Learning Skills.
Adapun pada posting ke 26 (dua puluh enam) ini kami mencoba berbagi rpp kls 3 semester 2 k13 tema 6 lengkap sub tema dan pembelajaran 1 sampai 6 yang bisa di edit dan di download secara gratis.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tumbuhan Sahabatku”.
¡
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa
diminta membaca teks pembuka tentang sahabat tanaman bersama-sama. (Mengamati)
¡
Siswa
menjawab pertanyaan: Dapatkah kamu bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada
lagi tumbuhan di sekitar kita? Alternatif jawaban: mengakibatkan banjir,
lingkungan menjadi panas, binatang akan mati karena kehilangan makanan dan
tempat hidup, kehi dupan manusia akan berubah karena kesulitan mencari bahan
makanan dari tanaman dan tumbuhan, dan jawaban lain yang relevan. Apa yang
harus kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan? Alternatif
jawaban: melakukan tebang pilih, menanam tanaman di halaman rumah, menjaga
tanaman di tempat-tempat umum, tidak memetik dan menarik-narik daun
tanaman sembarangan, dan jawaban lain
yang relevan. (Menanya)
¡
Siswa
diminta mengamati gambar bunga pada buku siswa
¡
Siswa
menjawab pertanyaan: Tahukah kamu bunga apa yang ada pada gambar di atas?
(Jawaban: bunga melati)
¡
Siswa
diminta berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengumpulkan informasi
mengenai bunga melati dan menuliskannya ke dalam kotak yang telah disediakan
di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
diminta membaca teks tentang bunga melati yang ada dalam buku siswa.
¡
Siswa
diminta menunjukkan gerakan melati yang bergoyang ditiup angin sepoi-sepoi. (Mengekplorasi)
(Siswa
dapat menunjukkan gerakan yang ber aneka ragam namun tetap sesuai dengan tema
melati yang bergoyang ditiup angin sepoi-sepoi.)
¡
Siswa
menjawab pertanyaan:
(Menanya)
Apakah gerakannya kuat atau lemah?
(Jawaban: melati yang bergoyang ditiup
angin sepoi-sepoi adalah termasuk gerakan lemah.)
¡
Siswa
diminta menunjukkan gerakan melati yang tersiram air hujan deras.
(Siswa
dapat menunjukkan gerakan yang ber aneka ragam namun tetap sesuai dengan tema
melati yang bergoyang tersiram air hujan deras.)
¡
Siswa
menjawab pertanyaan:
Apakah gerakannya kuat atau lemah?
(Jawaban: melati yang bergoyang
tersiram air hujan deras adalah termasuk gerakan kuat.)
¡
Siswa
merangkai gerakan-gerakan lemah dan kuat yang telah diperagakan. Siswa yang
lain mengiringi dengan alat musik ritmis atau tepuk tangan. Lagu yang dapat
digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan lemah adalah lagu ‘Lihat Kebunku’.
Sedangkan lagu yang dapat digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan
kuat adalah ‘Di Sini Senang Di Sana
Senang’. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
diminta membaca nyaring teks petunjuk perawatan tanaman melati di buku siswa.
¡
Dengan
teman sebangku, siswa mendiskusikan teks petunjuk yang telah dibaca dan
menuliskan pertanyaan berkaitan tentang teks petunjuk perawatan di dalam
kotak yang telah disediakan di buku siswa. (Mengasosiasi)
Guru dapat menstimulasi siswa untuk
dapat berpikir kritis dengan memberi contoh pertanyaan.
Misal: Apakah tujuan dari teks?
(Tujuan teks tersebut adalah untuk
memberikan petunjuk perawatan tanaman melati di dalam pot) Untuk apa pecahan
genting atau batu merah disusun di dasar pot? (untuk menahan air langsung
keluar dari pot)
Dan pertanyaan lain yang sesuai dengan
teks perawatan tanaman melati yang terdapat pada buku siswa.
¡
Siswa
mengidentifikasi teks dengan cara menentukan kalimat yang sesuai dengan teks
dan membubuhkan tanda centang (ΓΌ) pada kotak di sebelah kanan kalimat. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
menceritakan kembali petunjuk perawatan tanaman melati secara tertulis di
dalam kotak yang disediakan di buku siswa dengan menggunakan huruf kapital
pada awal kalimat dan tanda titik (.) pada akhir kalimat.
¡
Siswa
diminta mengamati gambar bersambung tentang waktu kegiatan Udin menanam
tanaman melati yang ada dalam buku siswa.
(Mengamati)
¡
Siswa
menuliskan kalimat yang menggambarkan kegiatan Udin dan waktunya pada
masing-masing gambar. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mengurutkan gambar berdasarkan waktu yang tertera.
¡
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengisi bagan dengan satuan-satuan
waktu.
¡
Siswa
menuliskan satuan-satuan waktu di garis waktu dengan urutan yang tepat dengan
teman sebangku.
¡
Siswa
menerjemahkan data tumbuh kembang ke dalam grafik batang dan
mempresentasikannya di depan kelas.
¡
Siswa
mencari informasi tentang besaran satuan-satuan waktu di dunia.
¡
Siswa
membandingkan besaran satuan waktu.
¡
Kegiatan
kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu
siswa petugas piket. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
A. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2017 tema 6 subtema 1 Temanku Sahabatku
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
B. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2017 tema 6 subtema 2 Tumbuhan Sahabatku
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
C. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2017 tema 6 subtema 3 Sahabat Satwa
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
D. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2017 tema 5 subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI CHAT WA 085273216532