Sahabat guru sd, menjelang semester 2 atau genap tahun pelajaran 2018/2019 tentunya guru pasti disibukkan dengan pembuatan perangkat mengajar. Oleh karena itu untuk mempermudah anda disini kami akan berbagi contoh format rpp terbaru yang sudah revisi.
Sudahkah anda tahu kalau format rpp k13 revisi terbaru tahun 2018 terintegrasi dengan literasi, ppk dan 4c dan juga permendikbud nomor 22 tahun 2016 ? kami yakin pasti guru sd sudah mengetahuinya. nah bagi yang belum bisa mendownload perubahan revisi terbaru k13
Adapun rencana pelakasanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang kami bagikan ini untuk kelas 3 tema 7 (tujuh) lengkap semua sub tema. Dibawah ini adalah contoh kegiatan pembelajaran sub tema 1 sumber energi.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Sumber
Energi”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru
mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis sumber
energi, siswa mengamati gambar tersebut
(Mengamati)
¡
Guru
menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati. (Menanya)
¡
Kemudian
siswa menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku
teks. Guru juga menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar. (Mengamati)
¡
Untuk
membuktikan bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta
siswa melakukan percobaan tentang Matahari adalah Sumber Energi yang terdapat
pada buku teks halaman 3. (Mengekplorasi)
¡
Setelah
melakukan percobaan siswa diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas.
¡
Sambil
mendengarkan laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi
terhadap kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
(Mengkomunikasikan)
¡
Guru
melakukan diskusi hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa. (Mengekplorasi)
¡
Di
sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya. (Mengasosiasi)
¡
Guru
melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru
menjelaskan bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga menghasilkan
energi panas. Bagaimana panas disebut sebagai energi maka guru kembali
meminta siswa melakukan percobaan berjudul “Panas adalah Energi” seperti
tercantum pada buku teks halaman 6.
¡
Guru
melakukan tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan. (Menanya)
¡
Guru
melengkapi penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam
kehidupan sehari-hari.
(Mengkomunikasikan)
¡
Siswa
dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
¡
Siswa
mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang sedang
dibahas. (Mengekplorasi)
¡
Guru
mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap. (Mengkomunikasikan)
¡
Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
¡
Siswa
menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
¡
Setelah
menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan pengarahan guru
tentang hasil diskusi.
¡
Siswa
menyimak penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah
tumbuh-tumbuhan. Di antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan biji-bijian.
Selain sumber makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya
dekoratif. (Mengamati)
¡
Guru
menjelaskan sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh
yang ada di buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah
dibuat sebelumnya.
¡
Siswa
menyimak penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
¡
Kemudian
siswa membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan tema “Matahari
Sumber Energi”. (Mengekplorasi)
¡
Setelah
selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya.
¡
Hasil
karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
¡
Setelah
memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar
penjelasan guru tentang rencana kegiatan selanjutnya.
¡
Siswa
memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang sudah
disiapkan guru sebelumnya. (Mengamati)
¡
Guru
memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka ketahui
dari diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan menyampaikan
bahwa ada beberapa kata tanya yang harus siswa perhatikan ketika akan
bertanya yaitu: apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan, dan di/ke mana? Jika
siswa sulit mengajukan pertanyaan guru memberi arahan sehingga
pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan bisa muncul. (Mengasosiasi)
¡
Guru
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan tujuan
untuk menjelaskan tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari serta bagaimana cara membaca data pada diagram batang.
¡
Setelah
menyimak penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan cara
membaca grafik batang.
¡
Sebagai
penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan
meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
FILE LENGKAP HUBUNGI WA SAYA DI 085273216532
RPP KELAS 3 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
A. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 7 subtema 1 Sumber Energi
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
B. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 7 subtema 2 Perubahan Energi
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
C. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 7 subtema 3 Energi Alternatif
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
D. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 7 subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
FILE LENGKAP HUBUNGI WA SAYA DI 085273216532
Contoh rpp yang kami bagikan hanyalah referensi saja, jika tidak sesuai dengan edisi revisi 2017 silahkan edit dengan kreatifitas bapak ibu guru sendiri sesuai aturan terbaru. Terima kasih