rpp kelas 3 Kurikulum 2013 Semester 2 tema 5 Cuaca Revisi 2018

rpp kelas 3 Kurikulum 2013 Semester 2 tema 5 Cuaca Revisi 2018

contoh format rpp kelas 3 semester 2 tema 5 k13 revisi 2018 terintegrasi literasi, ppk, hots, 4c dalam format doc dan pdf lengkap semuat subtema 1, 2, 3, 4 siap edit untuk tahun pelajaran 2018/2019. Semoga membantu

gambar rpp kelas 3 sd semester 2

Semester 2 (genap) Tahun pelajaran 2018/2019 akan segera dimulai. Oleh karena itu alangkah baiknya guru sd menyiapkan perangkat mengajar mulai dari sekarang. hal tersebut akan lebih baik karena akan meringankan tugas anda. Apalagi bagi guru yang melaksanakan pengajaran di sekolah kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 merupakan program baru yang mulai dilaksanakan di Indonesia tahun 2016. Pada tahun 2017 mengalami perubahan sehingga banyak guru yang masih bingung terutama masalah pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahun 2018 kurikulum 2013 kembali mengalami revisi pada kegiatan pembelajaran. Para guru dituntut melaksanakan pembelajaran abad 21.

Untuk membantu guru kelas, kami mencoba berbagi salah satu rpp sd edisi revisi 2018 semester 2 untuk kelas 3 dengan tema 5 lengkap semua sub tema dan juga pembelajaran 1-6

RPP revisi 2017 harus memenuhi aturan atau sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 dalam artian telah terintegrasi dengan PPK, literasi dan 4c. Jelas artinya sangat berbeda dengan yang lama. Walaupun demikian rpp yang kami bagikan itu belum versi final, silahkan bapak dan ibu guru edit sendiri sesuai dengan yang telah terintegrasi versi revisi.

Jelasnya berikut contoh rpp tema 5 semester 2 kelas 3 kurikulum 2013 dalam tabel kegiatan pembelajaran.

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah Raga Tradisional”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Pada awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu: (Menanya)
-     Apakah olahraga kesukaanmu?
-     Apakah olahraga tradisional di daerahmu?
¡  Siswa diberikan kesempatan untuk mengemuka-kan pendapatnya. (Mengekplorasi)
¡  Guru mengingatkan siswa mengenai olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat siswa duduk di kelas 1. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru menanyakan pendapat siswa mengenai olahraga egrang.
¡  Siswa membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional. (Mengamati)
¡  Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
¡  Siswa menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan.
¡  Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
¡  Guru memberikan bahan bahan untuk membuat layang-layang kepada setiap kelompok.
¡  Setiap kelompok membuat layang-layang dengan petunjuk dari guru. (Mengasosiasi)
¡  Guru mengajukan beberapa pertanyaan yaitu,
-     Apakah kamu senang bermain layanglayang?
-     Apa kesulitan dalam membuat layang-layang?
-     Bagaimana bentuk layang-layang? (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diminta untuk melipat layang layang secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta untuk melipat layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna.
¡  Guru mengajukan pertanyaan yaitu,
-     Apakah lipatan vertikal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
-     Apakah lipatan horizontal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
¡  Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan. (Mengasosiasi)
¡  Guru menjelaskan bahwa jika bangun datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian tepat sama besar, maka bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya disebut sumbu simetri. (Mengkomunikasikan)
¡  Setiap siswa menggambar bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga sama sisi pada kertas lipat berwarna.
¡  Setelah digambar, setiap gambar bangun datar tersebut digunting sesuai garis.
¡  Siswa melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada.
¡  Siswa menuliskan jumlah simetri lipat pada setiap bangun datar pada lembar pengamatan.
¡  Siswa membaca teks bacaan mengenai karya seni daerah. (Mengamati)
¡  Guru membimbing siswa untuk memahami teks bacaan.
¡  Guru menunjukkan gambar layang layang dengan berbagai motif. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru menjelaskan bahwa layang-layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang memiliki banyak motif.
¡  Guru membimbing siswa untuk menggambar layang-layang.
¡  Siswa menggambar layang-layang dan menghias gambar layang-layang dengan motif batik. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati gambar berbagai permainan tradisional seperti wayang orang, pertunjukkan ketoprak, ludruk, dan wayang kulit. (Mengamati)
¡  Guru menjelaskan bahwa permainan tradisional dapat bernilai seni tinggi. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru memberikan contoh permainan tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal masyarakat, bahkan mancanegara adalah seni pertunjukkan wayang.
¡  Siswa mencari informasi daerah usul wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca teks. (Mengamati)
¡  Siswa menghubungkan isi teks dengan gambar yang sesuai. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

FILE LENGKAP BISA MENGHUBUNGI WHATS APPS SAYA DI NOMOR 085273216532

A. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 1 Belum Tersedia

B. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 2 Belum Tersedia

C. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 3 Belum Tersedia

D. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 4 Belum Tersedia

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.