Semester 2 (genap) Tahun pelajaran 2018/2019 akan segera dimulai. Oleh karena itu alangkah baiknya guru sd menyiapkan perangkat mengajar mulai dari sekarang. hal tersebut akan lebih baik karena akan meringankan tugas anda. Apalagi bagi guru yang melaksanakan pengajaran di sekolah kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 merupakan program baru yang mulai dilaksanakan di Indonesia tahun 2016. Pada tahun 2017 mengalami perubahan sehingga banyak guru yang masih bingung terutama masalah pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahun 2018 kurikulum 2013 kembali mengalami revisi pada kegiatan pembelajaran. Para guru dituntut melaksanakan pembelajaran abad 21.
Untuk membantu guru kelas, kami mencoba berbagi salah satu rpp sd edisi revisi 2018 semester 2 untuk kelas 3 dengan tema 5 lengkap semua sub tema dan juga pembelajaran 1-6
RPP revisi 2017 harus memenuhi aturan atau sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 dalam artian telah terintegrasi dengan PPK, literasi dan 4c. Jelas artinya sangat berbeda dengan yang lama. Walaupun demikian rpp yang kami bagikan itu belum versi final, silahkan bapak dan ibu guru edit sendiri sesuai dengan yang telah terintegrasi versi revisi.
Jelasnya berikut contoh rpp tema 5 semester 2 kelas 3 kurikulum 2013 dalam tabel kegiatan pembelajaran.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ” Olah
Raga Tradisional”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Pada
awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu: (Menanya)
-
Apakah
olahraga kesukaanmu?
- Apakah olahraga tradisional di daerahmu?
¡
Siswa
diberikan kesempatan untuk mengemuka-kan pendapatnya. (Mengekplorasi)
¡
Guru
mengingatkan siswa mengenai olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat
siswa duduk di kelas 1.
(Mengkomunikasikan)
¡
Guru
menanyakan pendapat siswa mengenai olahraga egrang.
¡
Siswa
membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional. (Mengamati)
¡
Guru
mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks
laporan.
¡
Siswa
menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca. (Mengasosiasi)
¡
Siswa
mendiskusikan jawaban yang diberikan.
¡
Guru
mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
¡
Guru
memberikan bahan bahan untuk membuat layang-layang kepada setiap kelompok.
¡
Setiap
kelompok membuat layang-layang dengan petunjuk dari guru. (Mengasosiasi)
¡
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yaitu,
- Apakah kamu senang bermain layanglayang?
- Apa kesulitan dalam membuat layang-layang?
- Bagaimana bentuk layang-layang? (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa
diminta untuk melipat layang layang secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya
denga spidol berwarna. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
diminta untuk melipat layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas
lipatannya denga spidol berwarna.
¡
Guru
mengajukan pertanyaan yaitu,
- Apakah lipatan vertikal dapat membagi layang layang dua
bagian sama besar?
- Apakah lipatan horizontal dapat membagi layang layang dua
bagian sama besar?
¡
Siswa
diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan. (Mengasosiasi)
¡
Guru
menjelaskan bahwa jika bangun datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian
tepat sama besar, maka bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya
disebut sumbu simetri.
(Mengkomunikasikan)
¡
Setiap
siswa menggambar bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga sama sisi
pada kertas lipat berwarna.
¡
Setelah
digambar, setiap gambar bangun datar tersebut digunting sesuai garis.
¡
Siswa
melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada.
¡
Siswa
menuliskan jumlah simetri lipat pada setiap bangun datar pada lembar
pengamatan.
¡
Siswa
membaca teks bacaan mengenai karya seni daerah.
(Mengamati)
¡
Guru
membimbing siswa untuk memahami teks bacaan.
¡
Guru
menunjukkan gambar layang layang dengan berbagai motif. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru
menjelaskan bahwa layang-layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia
yang memiliki banyak motif.
¡
Guru
membimbing siswa untuk menggambar layang-layang.
¡
Siswa
menggambar layang-layang dan menghias gambar layang-layang dengan motif batik. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mengamati gambar berbagai permainan tradisional seperti wayang orang,
pertunjukkan ketoprak, ludruk, dan wayang kulit.
(Mengamati)
¡
Guru
menjelaskan bahwa permainan tradisional dapat bernilai seni tinggi. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru
memberikan contoh permainan tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal
masyarakat, bahkan mancanegara adalah seni pertunjukkan wayang.
¡
Siswa
mencari informasi daerah usul wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
membaca teks. (Mengamati)
¡
Siswa
menghubungkan isi teks dengan gambar yang sesuai. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas
baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
FILE LENGKAP BISA MENGHUBUNGI WHATS APPS SAYA DI NOMOR 085273216532
A. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 1 Belum Tersedia
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
B. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 2 Belum Tersedia
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
C. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 3 Belum Tersedia
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 2 - (SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 3 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 4 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 5 -(SIMPAN)
- PEMBELAJARAN 6 -(SIMPAN)
D. RPP kelas 3 semester 2 revisi 2018 tema 5 subtema 4 Belum Tersedia