Salah satu tugas guru kelas adalah membuat perangkat mengajar. memasuki semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 guru sd kembali harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) semester 2 sesuai dengan tema dan subtema pembelajaran berdasarkan aturan yang berlaku serta terbaru dari kemdikbud.
Adapun Pada posting ketujuh ini kami ingin mencoba membantu anda dengan membagikan rpp k13 kelas 1 SD Tema 7 edisi revisi 2017 secara gratis yang insya allah lengkap dalam format DOC siap edit nama sekolah, kepala sekolah dan guru kelas.
Guru sd juga harus tahu kalau RPP k13 revisi 2017 berbeda dengan revisi 2016 karena di dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat poin literasi, PPK, 4C dan Hots. nah Agar para guru tidak bingung harap dicatat dan ingat beberapa ciri-ciri RPP kurikulum 2013 revisi 2017 dibawah !
- KI-KD Harus berdasarkan Permendikbud 24/2016
- Pemetaan KD harus berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
- Format RPP harus berdasarkan Permendikbud 22/2016
- RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
- Format penilaian harus berdasarkan Permendikbud 23/2016
Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan Dibawah ini admin mencoba memberikan contoh rpp k13 revisi 2017 sd kelas 1 edisi revisi 2017 Semester 2 persiapan tahun pelajaran baru 2018/2019 tema tujuh pembelajaran 1 dengan subtema Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku. Semoga bermanfaat
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
|
4.6
|
Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu
dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
dalam teks tulis sederhana
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.1
2.1
|
Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala
banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
3.1
|
Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
4.1
|
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila
Pancasila.
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui Lagu.
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
- Setelah
menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan
benar.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam
sebuah lagu dengan benar.
- Setelah
membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar secara
lisan dengan tepat.
- Setelah
membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda
hidup dan tak hidup dengan benar.
- Melalui
kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata
tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa dapat menggunakan
kosa kata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan
tepat.
- Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
- Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol
sila keempat Pancasila dengan benar.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
- Siswa dapat membedakan dan mempraktikkan
panjang pendek bunyi lagu.
- Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang
berbagai jenis benda hidup dan tak hidup.
- Siswa dapat mengamati gambar lambang negara
Pancasila.
- Siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat
Pancasila dengan benar.
- Siswa dapat mendeklamasikan bunyi
sila kelima Pancasila.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan
untuk selalu mengutamakan sikap disiplin
setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan
guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan,
kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum
membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
7.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
8.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
9.
Guru
melakukan apersepsi.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo
Bernyanyi
1.
Mendengarkan
guru menyanyikan lagu” Topi Saya Bundar”, siswa mengidentifikasi perbedaan
panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan. Kegiatan mendengarkan juga dapat
dilakukan dengan memutar lagu.
2.
Siswa
mengamati guru yang memberikan contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya Bundar.”
3.
Siswa
berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”
4.
Siswa
memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
5.
Siswa
membaca kembali teks lagu dan teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
6.
Siswa
berdiskusi benda yang disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya, menentukan
termasuk benda hidup atau tak hidup.
7.
Siswa
berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik
kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.
Ayo
Berlatih
1. Setelah mengenal perbedaan benda hidup
dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian
siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.
2. Siswa mengamati berbagai gambar benda,
lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.
3. Siswa mengidentifikasi keberadaan benda
di kelas sesuai daftar yang diberikan.
4. Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan
materi yang sedang dipelajari.
Misalnya:
Papan
tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.Teman
termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.Alasan yang diberikan
siswa dapat beragam sesuai tingkat pemahaman siswa. Alasan dapat dibenarkan
jika sesuai dan logis.
Ayo
Mengamati
1. Salah satu benda yang ada di kelas
adalah lambang negara Garuda Pancasila.
2. Lambang negara Garuda Pancasila memiliki
5 sila dengan bunyi dan lambang masing-masing.
3. Lambang sila ke-4 adalah kepala banteng.
4. Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Sebagai tambahan, bisa juga dilakukan
kegiatan lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.
Ayo
Berlatih
1. Siswa mengamati contoh mendeklamasikan
sila ke-4.
2. Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4
secara bergantian.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru dan siswa melakukan
kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa
pertanyaan berikut ini.
2. Kegiatan kelas diakhiri
dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 7 subtema 1 Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6- (COMOT RPP)
B. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 7 subtema 2 Hewan di Sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
C. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 7 subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 7 subtema 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
Semoga bermanfaat untuk persiapan mengajar di kelas tahun pelajaran baru 2018/2019.