Kabar gembira bagi guru SD. telah tersedia rpp kurikulum 2013 semester genap keas 1 dengan tema terbaru revisi 2017 lengkap semua subtema dan pembelajaran.
Menjelang tahun pelajaran baru semester 2 (dua) 2018/2019. Kembali guru sd diharuskan mempersiapkan membuat perangkat mengajar di kelas. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas adalah RPP. Nah bagi sekolah pelaksanan Sistem kurtilas atan kurikulum 2013 bisa melihat contoh rpp dari blog kami.
Adapun Setelah berbagi rpp k13 kelas 1 semester 2 tema 5. Maka Pada posting keenam ini Blog Rpp Kurikulum 2013 akan berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Revisi 2017 kelas 1 SD Tema 6 lengkap dengan Pembelajaran 1 sampai 6 dalam format DOC siap edit nama sekolah, kepala sekolah dan guru kelas.
Guru juga harus tahu bahwa perangkat pembelajaran k13 sd kelas 1 revisi 2017 ini jelas berbeda dengan revisi 2016 karena di dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat poin perubahan yakni literasi, Penguatan Pendidikan karakter (PPK), 4C dan Hots. Agar para guru tidak bingung harap dicatat dan ingat beberapa ciri-ciri RPP kurikulum 2013 revisi 2017 dibawah
- KI-KD Harus berdasarkan Permendikbud 24/2016
- Pemetaan KD harus berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
- Format RPP harus berdasarkan Permendikbud 22/2016
- RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
- Format penilaian harus berdasarkan Permendikbud 23/2016
Dibawah ini admin mencoba memberikan contoh rpp k13 revisi 2017 sd kelas 1 edisi revisi 2017 Semester genap persiapan tahun pelajaran baru 2018/2019 tema enam pembelajaran 1 dengan subtema satu Lingkungan Rumahku. Semoga bermanfaat
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang
lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang
dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
4.8
|
Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.2
2.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2
|
Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui lagu
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu
|
- Melalui
kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan
petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
- Dengan
mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang
ada di dalam teks dengan tepat.
- Melalui
kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di
rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
- Melalui
kegiatan wawancara siswa mampu
mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan
di rumah.
- Dengan
menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah
bunyi dalam sebuah lagu.
- Dengan
menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah
bunyi dalam sebuah lagu.
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan keadaan
rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
- Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang
didengarnya.
- Siswa dapat mempraktikkan cara merapikan rumah
dengan benar sesuai kemampuannya.
- Setelah mendengar dan mengamati,
siswa dapat menghafal lirik lagu Si Nyamuk Nakal
dengan tepat.
- Setelah
mendengar dan mengamati contoh, siswa dapat
menyanyikan lagu Si Nyamuk Nakal dengan nada tepat dan percaya diri.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK).
3.
Siswa diingatkan untuk
selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4.
Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan
membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita
inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.
Guru
mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yel-yel untuk mencairkan
suasana.
7.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan alat- alat yang dibawa
dan mengaitkannya dengan apa yang akan
dipelajari. Beberapa siswa menjawab pertanyaan guru.
8.
Guru
menjelaskan kontrak belajar yang akan dilakukan hari ini serta hal-hal apa
saja yang diharapkan dari siswa.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati gambar dan bacaan yang
ada pada buku siswa.
2. Siswa mengikuti guru membaca dengan
intonasi dan ejaan yang benar.
3. Siswa membaca wacana yang ada pada buku
secara bergantian sesuai arahan guru.
4. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang terkait dengan isi bacaan.
5. Beberapa siswa diminta menceritakan
kembali isi teks dengan bahasa mereka sendiri
6. Guru meminta siswa mengamati kembali
teks dan mencermati ungkapan petunjuk
yang ada dalam teks tersebut.
7. Siswa yang menemukan ungkapan petunjuk
diminta menuliskannya di papan tulis secara bergantian.
8. Guru meminta siswa membentuk kelas
menjadi 6 kelompok.
9. Kepada masing-masing kelompok guru
memberikan 5 guntingan karton yang masing-masing bertuliskan satu
kalimat. Tiga di antaranya adalah
kalimat ungkapan petunjuk.
10. Masing-masing kelompok diminta mencari
mana di antara 5 kalimat tersebut yang
merupakan kalimat ungkapan petunjuk.
11. Setelah itu mereka diminta menyalin
kalimat ungkapan petunjuk tersebut pada lembar tugas yang telah disiapkan
12. Setelah semua kelompok selesai,
masing-masing kelompok diminta membacakan kalimat-kalimat ungkapan petunjuk
yang mereka temukan.
13. Kemudian siswa diminta menentukan kalimat
ungkapan petunjuk secara individu.
Ayo Berdiskusi
1.
Setelah
semua kelompok maju, guru melanjutkan kegiatan dengan menunjukkan 2 gambar
suasana rumah yang keadaan kebersihannya bertolak belakang
(bersih><kotor).
2.
Guru
meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan terkait keadaan
yang mereka lihat tersebut. Pertanyaannya sebagai berikut:
a.
Menurut
kalian, mengapa keadaan rumah pada kedua gambar tersebut berbeda?
b.
Apa
yang harus dilakukan agar lingkungan rumah yang kotor menjadi bersih?
c.
Apa
tugas kita sebagai anggota keluarga agar kebersihan rumah kita terjaga?
3.
Pertanyaan
dijawab satu demi satu. Setiap pertanyaan diberi waktu 5 menit untuk
mendiskusikan jawabannya secara berpasangan.
4.
Setiap
durasi 5 menit selesai, guru meminta
beberapa pasangan menyampaikan jawaban hasil diskusi untuk satu pertanyaan.
Guru mencatat jawaban-jawaban siswa di
papan tulis dengan bahasa yang singkat dan mudah difahami. Setelah
mendengarkan jawaban-jawaban siswa,
guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban-jawaban
siswa sehingga difahami dengan benar.
5.
Begitu
pula untuk pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
6.
Setelah
semua pertanyaan selesai dibahas, guru
meminta siswa mendata aturan-aturan apa saja yang harus dilakukan untuk
menjaga kebersihan di lingkungan rumah
masing-masing dengan mewawancarai teman pasangannya. Hasil wawancara ditulis
dalam tabel pada lembar kerja yang telah disiapkan. Untuk tugas ini siswa diberi
waktu 15 menit.
Ayo Bernyanyi
1.
Setelah
waktunya habis, siswa diajak menyimak
sebuah lagu terkait lingkungan rumahku.
2.
Melalui
lagu tersebut siswa diperkenalkan tentang bunyi kuat dan bunyi lemah.
3.
Guru
menunjukkan perbedaan bunyi kuat dan bunyi lemah dengan beberapa cara:
a.
melalui
suara
b.
dengan
tepukan,
c.
dengan
memainkan instrumen musik ritmis atau peluit.
4.
Siswa
menirukan apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok,
maupun sendiri-sendiri
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Sebagai penutup guru
menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2. Siswa bergantian merespon
pertanyaan guru.
3. Siswa juga diminta melakukan
refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4. Guru memberi kesempatan
beberapa siswa untuk menyampaikannya.
5. Guru menyampaikan beberapa hal
yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik
catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap
hal-hal tersebut.
6. Guru juga memberikan reward
kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
7. Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang
hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8. Salah satu siswa diminta memimpin doa.
9. Guru mengucapkan salam penutup.
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 6 subtema 1 Lingkungan Rumahku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
B. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 6 subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
C. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 6 subtema 3 Lingkungan Sekolahku
- PEMBELAJARAN 1 - (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 6 subtema 4 Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)