Update Januari 2018! telah tersedia rpp tema 5 terbaru kelas 1 SD revisi 2017 semester 2 lengkap dengan subtema dan pembelajaran 1-6. Semoga bermanfaat
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh. Semoga bapak ibu guru selalu dalam keadaan sehat walaafiat dan senantiasa semangat dalam mengajar di sekolah. Menjelang semester 2 tahun pelajaran baru kami ingatkan agar rekan guru menyiapkan perangkat pembelajaran terbaru tahun 2018/2019.
Oleh karena itu, Pada posting kelima ini Blog Rpp Kurikulum 2013 kembali akan berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Revisi 2017 kelas 1 SD Semester 2 Tema 5 lengkap dengan Pembelajaran 1 sampai 6 dalam format DOC siap edit nama sekolah, kepala sekolah dan guru kelas.
Guru sd harus tahu bahwa Perangkat pembelajaran kelas 1 sd revisi 2017 ini jelas berbeda dengan revisi 2016 karena di dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat poin perubahan yakni literasi, Penguatan Pendidikan karakter (PPK), 4C dan Hots. Agar para guru tidak bingung harap dicatat dan ingat beberapa ciri-ciri RPP kurikulum 2013 revisi 2017 dibawah !
- KI-KD Harus berdasarkan Permendikbud 24/2016
- Pemetaan KD harus berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
- Format RPP harus berdasarkan Permendikbud 22/2016
- RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
- Format penilaian harus berdasarkan Permendikbud 23/2016
Dibawah ini admin mencoba memberikan contoh rpp k13 revisi 2017 sd kelas 1 edisi revisi 2017 Semester II persiapan tahun pelajaran baru 2018/2019 tema lima pembelajaran 1 dengan subtema satu pengalaman masa kecilku. Sedangkan semester 2 tema 5 sampai 8 akan dipublish pada posting berikutnya.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian
terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan,
pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan
bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa
kata bahasa daerah.
|
4.8
|
Mempraktikan ungkapan terima
kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.1
2.1
|
Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala
banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”.
Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.1
4.1
|
Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila
Pancasila.
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui lagu.
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
- Dengan
mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat
dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan
mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung
Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
- Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung
Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
- Dengan
mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan
ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
- Dengan menyalin contoh kalimat
pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
- Dengan mengamati poster berisi teks
Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan
benar.
- Dengan menirukan teks Pancasila yang
diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan
tepat.
- Dengan bermain menyusun kalimat yang
terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila
kedua Pancasila dengan tepat.
- Dengan mengamati intonasi dan cara
membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi
sila kedua Pancasila dengan benar.
- Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
- Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan
percaya diri.
- Siswa dapat mempraktikkan lagu
”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
- Siswa dapat menemukan ungkapan
pemberian pujian dengan tepat.
- Siswa dapat menjelaskan ungkapan
pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
- Siswa dapat menuliskan ungkapan
pujian dengan tepat.
- Siswa dapat mengidentifikasi isi
sila-sila Pancasila dengan benar.
- Siswa dapat menyebutkan rumusan sila
kedua Pancasila dengan tepat.
- Siswa dapat mendeklamasikan bunyi
sila kedua Pancasila dengan benar.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK).
3.
Siswa diingatkan untuk
selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4.
Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan
membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita
inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Bernyanyi
1.
Guru
membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar.
Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda
Piara”.
2.
Tanyakan
kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
3.
Ajak
siswa untuk menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama
untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan
belajar.
4.
Guru
memainkan lagu dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian.
5.
Siswa
diminta berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai
lagu yang dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
6.
Setelah
beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun lambat sesuai dengan tempo lagu,
ajak siswa kembali duduk dan berdiskusi bersama.
7.
Tanyakan
kepada siswa apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan mengikuti musik
yang dimainkan oleh guru.
8.
Berikan
kesempatan pada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
9.
Ajak
siswa menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
10. Jelaskan mengenai makna dari tempo pada
sebuah lagu.
11. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
12. Siapkan gulungan kertas bertuliskan
cepat atau lambat.
13. Minta perwakilan kelompok untuk
mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” dengan tempo
sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan cepat atau lambat.
14. Kelompok siswa yang belum memperoleh
giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari lagu yang tengah dinyanyikan.
15. Lakukan sampai semua kelompok memperoleh
giliran bernyanyi.
16. Berikan apresiasi pada kelompok siswa
yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” sesuai tempo yang diminta.
Ayo Mengamati
1.
Guru
membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat
berdasarkan kreativitas guru).
2.
Pada
saat membacakan cerita, berikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan
pujian.
3.
Selesai
bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang
telah dibacakan.
4.
Tanyakan
kepada siswa apakah mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah
disampaikan? Sampaikan pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk apresiasi
terhadap hal positif yang telah dilakukan.
5.
Diskusikan
bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat disampaikan saat
memberikan apresiasi kepada orang lain.
6.
Perlihatkan
kartu bergambar kepada siswa, lalu minta siswa memberikan contoh ungkapan
pujian.
7.
Lakukan
beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai
kalimat pujian.
8.
Siswa
diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.
9.
Tanyakan
pada siswa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya
ada berapakah sila dalam pancasila.
10. Tanyakan kembali kepada siswa apakah
mereka sudah hafal Pancasila atau belum.
Ayo Berlatih
1.
Siswa
diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku
siswa.
2.
Selain
itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah
mereka alami di waktu kecil.
3.
Tunjukkan
kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2
Pancasila.
4.
Acak
kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2
Pancasila.
5.
Setelah
tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan
lantang.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Sebagai penutup guru
mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa
melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2. Kegiatan pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 1 Pengalaman masa kecil
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
B. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 2 Pengalaman bersama teman
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
C. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalaman di sekolah
- PEMBELAJARAN 1 smpai 6 - (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 4 Pengalaman yang menyenangkan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)