rpp k13 kelas 1 tema 5 Pengalamanku Revisi 2017 Terbaru Semester Genap

rpp k13 kelas 1 tema 5 Pengalamanku Revisi 2017 Terbaru Semester Genap

Kami perbarui rpp kelas 1 sd k13 revisi 2017 Semester 2 tema 5 bahasa indonesia, PKN seni budaya dengan Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil, Pengalaman Bersama Teman, Pengalaman di sekolah, pengalaman yang menyenangkan. Lengkap pembelajaran 1 sampai 6. Semoga bermanfaat

Update Januari 2018! telah tersedia rpp tema 5 terbaru kelas 1 SD revisi 2017 semester 2 lengkap dengan subtema dan pembelajaran 1-6. Semoga bermanfaat

Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh. Semoga bapak ibu guru selalu dalam keadaan sehat walaafiat dan senantiasa semangat dalam mengajar di sekolah. Menjelang semester 2 tahun pelajaran baru kami ingatkan agar rekan guru menyiapkan perangkat pembelajaran terbaru tahun 2018/2019.

Oleh karena itu, Pada posting kelima ini Blog Rpp Kurikulum 2013 kembali akan berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Revisi 2017 kelas 1 SD Semester 2 Tema 5 lengkap dengan Pembelajaran 1 sampai 6 dalam format DOC siap edit nama sekolah, kepala sekolah dan guru kelas.

Guru sd harus tahu bahwa Perangkat pembelajaran kelas 1 sd revisi 2017 ini jelas berbeda dengan revisi 2016 karena di dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat poin perubahan yakni literasi, Penguatan Pendidikan karakter (PPK), 4C dan Hots. Agar para guru tidak bingung harap dicatat dan ingat beberapa ciri-ciri RPP kurikulum 2013 revisi 2017 dibawah !

  1. KI-KD Harus berdasarkan Permendikbud 24/2016
  2. Pemetaan KD harus berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
  3. Format RPP harus berdasarkan Permendikbud 22/2016
  4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
  5. Format penilaian harus berdasarkan Permendikbud 23/2016
gambar rpp kelas 1 tema 5 semester 2 revisi 2017

Dibawah ini admin mencoba memberikan contoh rpp k13 revisi 2017 sd kelas 1 edisi revisi 2017 Semester II persiapan tahun pelajaran baru 2018/2019 tema lima pembelajaran 1 dengan subtema satu pengalaman masa kecilku. Sedangkan semester 2 tema 5 sampai 8 akan dipublish pada posting berikutnya.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan      : SDN 21 Rambang Dangku
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  5. Pengalamanku
Sub Tema                    :  1. Pengalaman Masa Kecil
Muatan Terpadu          :  B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari



A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.8




Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

4.8

Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.1


2.1  
Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1


4.1
Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.


      Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2 
Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2
Menirukan elemen musik melalui lagu.


PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran

C.    TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat  dengan tepat dan percaya diri.
  2. Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
  3. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
  4. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
  5. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  7. Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  9. Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
  10. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
  11. Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
  12. Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.



D.    MATERI
  1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat  dengan tepat dan percaya diri.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
  3. Siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
  4. Siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  5. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  6. Siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  7. Siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
  8. Siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
  9. Siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam
2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.      Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Bernyanyi
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara”.
2.      Tanyakan kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
3.      Ajak siswa untuk menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar.
4.      Guru memainkan lagu dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian.
5.      Siswa diminta berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
6.      Setelah beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun lambat sesuai dengan tempo lagu, ajak siswa kembali duduk dan berdiskusi bersama.
7.      Tanyakan kepada siswa apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan mengikuti musik yang dimainkan oleh guru.
8.      Berikan kesempatan pada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
9.      Ajak siswa menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
10.  Jelaskan mengenai makna dari tempo pada sebuah lagu.
11.  Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
12.  Siapkan gulungan kertas bertuliskan cepat atau lambat.
13.  Minta perwakilan kelompok untuk mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” dengan tempo sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan cepat atau lambat.
14.  Kelompok siswa yang belum memperoleh giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari lagu yang tengah dinyanyikan.
15.  Lakukan sampai semua kelompok memperoleh giliran bernyanyi.
16.  Berikan apresiasi pada kelompok siswa yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” sesuai tempo yang diminta.

Ayo Mengamati
1.      Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
2.      Pada saat membacakan cerita, berikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan pujian.
3.      Selesai bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan.
4.      Tanyakan kepada siswa apakah mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah disampaikan? Sampaikan pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk apresiasi terhadap hal positif yang telah dilakukan.
5.      Diskusikan bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain.
6.      Perlihatkan kartu bergambar kepada siswa, lalu minta siswa memberikan contoh ungkapan pujian.
7.      Lakukan beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai kalimat pujian.
8.      Siswa diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.

9.      Tanyakan pada siswa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya ada berapakah sila dalam pancasila.
10.  Tanyakan kembali kepada siswa apakah mereka sudah hafal Pancasila atau belum.

Ayo Berlatih
1.      Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
2.      Selain itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
3.      Tunjukkan kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2 Pancasila.
4.      Acak kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2 Pancasila.  
5.      Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2.      Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.      Gambar dari Google.com
3.      Video dari youtobe.com.
4.      Alat musik seperti gitar (jika memiliki keterampilan bermain gitar).
5.      Rekaman berupa contoh lagu ”Burung Kakaktua” (atau dapat dinyanyikan oleh guru).
6.      Teks lagu ”Burung Kakaktua” sebagai panduan bagi siswa dalam menyanyikannya.
7.      Buku siswa.
8.      Poster Teks Pancasila.


H.    PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 5 semester genap tema 6 dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".

A. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 1 Pengalaman masa kecil

B. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 2 Pengalaman bersama teman

C. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 3 Pengalaman di sekolah

D. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 5 subtema 4 Pengalaman yang menyenangkan

Baca juga:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.