kabar gembira, untuk guru sd Indonesia. Telah tersedia rpp kelas I tema terbaru kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap dengan subtema dan pembelajaran baru
Salam Kurikulum 2013. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, tahun 2018 nanti seluruh sekolah wajib melaksanakan kurtilas secara serentak. Walaupun demikian kami yakin masih banyak sekolah yang belum siap, hal tersebut dikarenakan kurangnya sarana dan prasanan belajar yang mendukung kegiatan k13.
Salah satu perangkat mengajar k13 yang harus disiapkan guru sd adalah RPP. nah Dikarenakan Banyak guru kelas menanyakan kepada kami tentang format rpp k13 semester 2 edisi revisi 2017 tema 8, pada postingan ke delapan ini admin akan mencoba berbagi contohnya.
Tahukah anda bahwa RPP k13 kelas 1 revisi 2017 ini jelas berbeda dengan revisi 2016 karena di dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat poin perubahan yakni literasi, Penguatan Pendidikan karakter (PPK), 4C dan Hots. Agar para guru tidak bingung harap dicatat dan ingat beberapa ciri-ciri RPP kurikulum 2013 revisi 2017 dibawah !
- . KI-KD Harus berdasarkan Permendikbud 24/2016
- Pemetaan KD harus berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
- Format RPP harus berdasarkan Permendikbud 22/2016
- RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
- Format penilaian harus berdasarkan Permendikbud 23/2016
Dibawah ini admin mencoba memberikan contoh Format lengkap rpp k13 revisi 2017 sd kelas 1 edisi revisi 2017 Semester 2 persiapan tahun pelajaran baru 2018/2019 tema delapan pembelajaran 1 dengan subtema Peristiwa Siang dan Malam . Semoga bermanfaat
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
1.1
|
Mensyukuri ditetapkannya bintang,
rantai, pohon, beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambarpada
lambang negara “Garuda Pancasila”..
|
2.1
|
Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai
dengan sila-sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.1
|
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
4.1
|
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila
Pancasila.
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (gambar, tulisandan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
4.7
|
Menyampaikan penjelasan dengan kosakataBahasa
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui lagu.
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
- Siswa dapat menunjukan kosakata
tentang peristiwa malam hari dengan
tepat.
- Siswa dapat menuliskan kosa kata
tentang peristiwa malam hari dengan benar.
- Siswa dapat menyebutkan rumusan sila
ke lima Pancasila dengan benar.
- Siswa mendeklamasikan rumusan sila
kelima Pancasila dengan benar.
- Siswa dapat membedakan tinggi rendah
bunyi dalam lagu ”Pemandangan” dengan tepa.t
- Siswa dapat menyanyikan lagu ”
Pemandangan” sesuai nada yang tepa.t
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK).
3.
Siswa diingatkan untuk
selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4.
Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan
membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita
inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
7.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
9.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
1. Guru mengawali pembelajaran dengan
bercerita tentang keadaan yang terjadi pada siang dan malam hari. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa yang mereka alami, lihat, dan
rasakan saat siang dan malam hari.
2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
siang dan malam hari.
a. “Bagaimana warna langit saat malam
hari?”
b. “Apa yang terjadi dengan matahari saat
malam hari?”
c. “Apa yang kita lakukan saat malam hari?”
3. Begitu seterusnya hingga siswa mendapat
gambaran yang jelas tentangperistiwa malam hari.
Ayo Bernyanyi
1. Kemudian guru menyanyikan lagu “Matahari
Terbenam” dengan ketukan dan birama yang tepat.
2. Siswa bernyanyi bersama dengan riang
gembira.
3. Ulangi beberapa kali hingga siswa dapat
menyanyikan lagu dengan nada yang benar.
Ayo berlatih
1.
Siswa
diminta mencari kata-kata yang sesuai untuk peristiwa malam hari.
2.
Caranya
dengan mencermati bintang-bintang kata di Buku Siswa. Minta siswa menggunting
bintang-bintang kata yang menggambarkan peristiwa malam hari.
3.
Guru
mengawasi siswa saat menggunakan
4.
gunting
untuk menggunting bintang-bintang kata.
Ayo Berkreasi
1.
Siswa
menempelkan bintang-bintang kata pada pohon bintang yang telah disediakan.
Mintalah siswa menempelkan bintang-bintang kata sesuai dengan kreativitas
mereka.
2.
Guru
mengawasi siswa saat memakai lem untuk menempelkan bintang-bintang kata.
Ayo Menulis
1.
Siswa diminta menuliskan kata-kata yang
menggambarkan peristiwa alam sesuai gambar.
·
Matahari
Terbenam
·
Bintang
·
Bulan
·
Cerah
·
Langit
2.
Jika
siswa menuliskan kata-kata lain yang masih terlihat hubungannya dengan gambar
dan peristiwa alam, guru pun dapat membenarkannya.
Ayo
Berdiskusi
1.
Setelah
siswa menulis, guru meminta siswa untuk mengamati gambar-gambar yang ada di
dinding depan kelas.
2.
Guru
menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan
·
“Apa
yang kalian lihat?”
·
“
·
“Lalu
yang ini gambar apa?” Sambil menunjukkan gambar Pancasila lambang negara
kita.
3.
Guru
menstimulus ingatan siswa tentang bunyi dari sila-sila Pancasila.
·
Mintalah
siswa menyebutkan bunyi sila pertama.
·
Minta
siswa yang lain menyebutkan bunyi sila kedua.
·
Minta
juga siswa yang lain menyebutkan bunyi sila ketiga.
·
Siswa
lainnya menyebutkan bunyi sila keempat.
4.
Guru
memberi apresiasi siswa-siswa yang masih ingat bunyi sila pertama hingga
keempat Pancasila. Bunyi sila-sila tersebut telah mereka pelajari pada tema
sebelumnya.
5.
Guru
menanyakan apakah ada siswa yang sudah tahu bunyi sila kelima?
6.
Guru
membimbing siswa melafalkan bunyi sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh
Rakyat
Ayo Mencoba
1.
Guru
meminta siswa mengulanginya beberapa kali hingga mereka hafal.
2.
Mintalah
perwakilan beberapa siswa untuk mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila
di depan kelas. Minta siswa mendeklamasikannya dengan suara keras dan
intonasi yang tepat.
Ayo
Mengamati
1.
Guru
meminta siswa untuk mengamati gambar lambang-lambang sila Pancasila.
2.
Siswa
dibagi menjadi
3.
Kemudian,
tanyakan hasil pengamatan mereka dengan pertanyaan:
· Gambar bintang melambangkan sila ke
berapa?
· Gambar apakah yang melambangkan sila
kedua?
· Sila ketiga dilambangkan dengan gambar?
· Gambar kepala banteng melambangkan sila
keberapa?
· Sila kelima dilambangkan dengan gambar
apa?
4.
Mintalah
siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disediakan.
5.
Perwakilan
setiap kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi mereka. Jika masih ada
kelompok yang jawabannya kurang tepat, mintalah kelompok lain untuk membantu
memperbaikinya.
Ayo
Bernyanyi
1.
Setelah
siswa hafal bunyi sila-sila Pancasila dan mengetahui lambang dari sila-sila
tersebut, ajaklah siswa untuk memahami makna di balik simbol sila kelima
Pancasila.
·
Kapas
melambangkan kelembutan dan kebaikan hati. Hal ini menandakan bahwa kita
harus bersikap baik pada sesama.
·
Padi
melambangkan kemakmuran. Hal ini menandakan padi sebagai bahan pokok makanan
rakyat
·
Padi
dan kapas akan menghias pemandangan sekitar kita dengan indah.
2.
Ajaklah
siswa untuk menyanyikan lagu “Pemandangan”.
3.
Usai
tampil menyanyi dengan bimbingan guru, siswa diharapkan mampu menyimpulkan
seperti:
· Ciri-ciri peristiwa siang dan malam
dengan kosakata yang telah mereka pahami. Saat siang matahari bersinar terang
sehingga segala sesuatu dapat terlihat dengan jelas. Salah satunya adalah
gambar Pancasila yang ada di dinding kelas. Siswa menyebutkan bunyi dari
sila-sila Pancasila beserta lambangnya.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru menutup pelajaran dengan
menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan siang dan malam dengan segala ciri-cirinya.
Kita diminta tetap mensyukuri semua peristiwa dengan melakukan berbagai
aktivitas sesuai waktunya. Lalu meminta siswa melakukan refleksi kegiatan
hari itu.
2. Kelas ditutup dengan doa
bersama.
|
15
menit
|
A. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 8 subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
- PEMBELAJARAN 1 sampai enam- (SIMPAN)
B. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 8 subtema 2 kemarau
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
C. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 8 subtema 3 Penghujan
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
D. RPP k13 sd kelas 1 revisi 2017 tema 8 subtema 4 Bencana Alam
- PEMBELAJARAN 1 sampai 6 - (SIMPAN)
Semoga dengan dibagikannya rpp k13 kelas 1 semester genap diatas bisa bermanfaat sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dikelas.