Salah satu mata pelajaran kurikulum 2013 pada Sekolah menengah Pertama adalah Seni Budaya. Pada materi pelajaran seni budaya ada 4 jenis yakni rupa, musik, tari dan teater. Kesemuannya itu terbagi dalam program semester ganjil dan genap.
Saat tahun pelajaran semester genap saat ini para guru seni budaya tentu saja kembali disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2017/2018. Begitupun juga nanti pada semester ganjil tahun 2018/2019 para guru diwajibkan membuat dokumen perangkat mengajar yakni RPP
Sebagai referensi bagi guru seni budaya kelas 7. Dibawah ini merupakan contoh rpp k13 seni budaya revisi 2017 semester genap dan ganjil yang disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016. Semoga bermanfaat ya
A.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3 Memahami perancangan pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur
|
· Mengidentifikasi
langkah-langkah merancang pementasan teater, mengidentifikasikan kebutuhan
pementasan teater
· Mendeskripsikan
langkah-langkah merancang pementasan teater
· Mengeksplorasi tata teknik
pentas dalam bentuk rancangan pentas
|
4.3 Merancang
pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur
|
· Merancang tata teknik
pentas dan
· Mengomunikasikan rancangan
pementasan secara lisan atau tertulis
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berekspresi
fragmen, yaitu:
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah merancang pementasan teater, mengidentifikasikan kebutuhan
pementasan teater
·
Mendeskripsikan
langkah-langkah merancang pementasan teater
·
Mengeksplorasi
tata teknik pentas dalam bentuk rancangan pentas
·
Merancang
tata teknik pentas dan
·
Mengomunikasikan
rancangan pementasan secara lisan atau tertulis
C.
Materi
Pembelajaran
• Konsep tata pentas, kostum dan tata rias
• Rancangan pementasan Fragmen
• Pembuatan rancangan pementasan fragmen
D.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
E.
Media
Pembelajaran
v Media :
· Media audio
· Media visual
· Media audia visual
· Lembar penilaian
· Perpustakaan
· Internet
v Alat/Bahan :
· DVD / VCD Teater
· Pakaian Olahraga
F.
Sumber Belajar
· Buku seni budaya
kelas VII, Kemendikbud, tahun 2013 edisi 2016
· Buku-buku lain
yang relevan
· Buku-buku seni
budaya di perpustakaan
· Pagelaran atau pameran
teater.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama ( 3 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Konsep tata pentas, kostum dan tata rias
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep tata pentas, kostum
dan tata riasberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep tata
pentas, kostum dan tata riasyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
tata pentas, kostum dan tata riasyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep tata pentas, kostum dan tata rias.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep tata pentas, kostum dan tata rias.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
tata pentas, kostum dan tata riaskepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan
Kedua ( 3 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Rancangan pementasan Fragmen
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Rancangan pementasan
Fragmen berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Rancangan
pementasan Fragmen yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Rancangan
pementasan Fragmen yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Rancangan pementasan Fragmen.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Rancangan pementasan Fragmen.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Rancangan
pementasan Fragmen kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
3 . Pertemuan
Ketiga ( 3 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan fragmen
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Pembuatan rancangan
pementasan fragmen berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan fragmen yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pembuatan
rancangan pementasan fragmen yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pembuatan rancangan pementasan fragmen.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pembuatan rancangan pementasan fragmen.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pembuatan
rancangan pementasan fragmen kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 :500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: Tes Uraian
b.
Instrumen
Penilaian dan Penskoran
Ø Instrumen Penilaian
1)
Jelaskan
dua judul pementasan fragmen!
2)
Jelaskan
fungsi naskah pada pertunjukan fragmen!
Ø Penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum:
24
Skor perolehan
siswa: SP
Nilai yang
diperoleh siswa: SP/24 X 100
3. Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian Produk
Tulislah naskah drama singkat (1 babak) dengan tema
bebas!
Untuk mendapatkan password rar format lengkap rpp seni budaya smp kelas 7 semester genap dan ganjil dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Ragam Hias kelas 7 semester genap - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Penerapan Ragam Hias pada Bahan Buatan kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Menyanyi dengan Satu Suara kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Menyanyi dengan Lebih Satu Suara kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Permainan alat musik sederhana secara perorangan kelas 7 semester genap - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Ansambel musik kelas 7 semester ganjil - COMOT RPP
Untuk rpp seni budaya tari dan teater silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".