banyak guru yang bertanya kepada saya mengenai materi pokok mata pelajaran seni budaya kelas 8 k13 revisi 2017 terbaru saat ini. Tujuannya tentu saja sebagai referensi dalam membuat perangkat pembelajaran semester genap dan ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang baru dimulai beberapa minggu ini.
Sedikit membahas tentang perangkat pembelajaran seni budaya SMP kelas VIII edisi revisi tentunya harus disusun sesuai permendikbud nomor 22 tahun 2016. Artinya kegiatan pembelajaran telah memuat kegiatan Literasi, PPK, 4c dan hots. Semoga dipahami.
Pada posting kali ini akan admin bagikan contoh rpp seni budaya kelas 8 yang telah revisi sebagai bahan referensi guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terbaru. Semoga bermanfaat
A.
KompetensiDasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3. Memahami
perancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
|
· Menjelaskan
konsep rancangan pementasan Pantomim
· Menjelaskan
teknik dan prosedur rancangan pementasan Pantomim
|
4.3. Merancang
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
|
· Merancang
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
· Menampilkan
hasil rancangan pementasan Pantomim secara individu atau kelompok
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan
berkreasi seni teater, yaitu:
·
Menjelaskan
konsep rancangan pementasan Pantomim
·
Menjelaskan
teknik dan prosedur rancangan pementasan Pantomim
·
Merancang
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur
·
Menampilkan
hasil rancangan pementasan Pantomim secara individu atau kelompok
C.
Materi
Pembelajaran
·
Rancangan pementasan Pantomim
·
Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedur
D.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
E.
Media
Pembelajaran
v Media :
· Media audio
· Media visual
· Media audia
visual
· Lembar penilaian
· Perpustakaan
· Internet
v Alat/Bahan :
· DVD / VCD Tari
· Media elektronik
F.
Sumber Belajar
·
Buku
seni budaya kelas VIII, Kemendikbud, tahun 2013 edisi 2016
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Buku-buku
seni budaya di perpustakaan
·
Pagelaran
atau pameran teater.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Konsep Rancangan pementasan
pantonimdengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Konsep Rancangan pementasan
pantonim.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Konsep Rancangan
pementasan pantonimuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Konsep Rancangan
pementasan pantonim.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Rancangan pementasan pantonim.
v Mendengar
Pemberian
materi Konsep Rancangan pementasan
pantonimoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Konsep Rancangan
pementasan pantonimyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konsep Rancangan pementasan pantonimyang
sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Konsep Rancangan
pementasan pantonim.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriKonsep
Rancangan pementasan pantonimsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
v Mengolahinformasi dari materi
Konsep Rancangan pementasan pantonimyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep Rancangan pementasan pantonim.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Konsep Rancangan pementasan pantonimberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep Rancangan pementasan pantonimdan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Konsep Rancangan pementasan pantonim
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep Rancangan
pementasan pantonimberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Konsep Rancangan
pementasan pantonimyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep
Rancangan pementasan pantonimyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep Rancangan pementasan pantonim.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep Rancangan pementasan pantonim.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konsep
Rancangan pementasan pantonimkepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan
Kedua (3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan
Pantomim
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomimdengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomim.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Teknik dasar
menyusun Rancangan pementasan Pantomimuntuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomim.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomim.
v Mendengar
Pemberian
materi Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomimoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Teknik dasar
menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomimyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomimyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomim.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriTeknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
v Mengolahinformasi dari materi
Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomimyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomim.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomimberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimdan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Teknik dasar menyusun Rancangan
pementasan Pantomim
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang akan selesai
dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Teknik dasar menyusun
Rancangan pementasan Pantomimberlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan
Pantomim.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Teknik dasar menyusun Rancangan pementasan
Pantomim.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Teknik
dasar menyusun Rancangan pementasan Pantomimkepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan
Ketiga (3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan pantonim
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Prinsip Rancangan pementasan
pantonimdengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Prinsip Rancangan pementasan
pantonim.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimuntuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Prinsip Rancangan
pementasan pantonim.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Prinsip Rancangan pementasan pantonim.
v Mendengar
Pemberian
materi Prinsip Rancangan pementasan
pantonimoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Prinsip Rancangan
pementasan pantonimyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Prinsip Rancangan pementasan pantonimyang
sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Prinsip Rancangan
pementasan pantonim.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriPrinsip
Rancangan pementasan pantonimsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan
cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat
orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
v Mengolahinformasi dari materi
Prinsip Rancangan pementasan pantonimyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip Rancangan pementasan pantonim.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Prinsip Rancangan pementasan pantonimberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip Rancangan pementasan pantonimdan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Prinsip Rancangan pementasan
pantonim
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Prinsip Rancangan
pementasan pantonimberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Prinsip
Rancangan pementasan pantonimyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Prinsip Rancangan pementasan pantonim.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Prinsip Rancangan pementasan pantonim.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Prinsip
Rancangan pementasan pantonimkepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
4 . Pertemuan
Keempat (3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan pementasan pantonim
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonimdengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimuntuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Prosedur menyusun
Rancangan pementasan pantonim.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Prosedur menyusun Rancangan pementasan pantonim.
v Mendengar
Pemberian
materi Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonimoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Prosedur menyusun
Rancangan pementasan pantonimyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonimyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Prosedur menyusun
Rancangan pementasan pantonim.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriProsedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
v Mengolahinformasi dari materi
Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonimyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prosedur menyusun Rancangan pementasan pantonim.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Prosedur menyusun Rancangan pementasan
pantonimberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prosedur menyusun Rancangan pementasan pantonimdan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Prosedur menyusun Rancangan
pementasan pantonim
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Prosedur menyusun
Rancangan pementasan pantonimberlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Prosedur menyusun Rancangan pementasan
pantonim.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Prosedur menyusun Rancangan pementasan
pantonim.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Prosedur
menyusun Rancangan pementasan pantonimkepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
5 . Pertemuan
Kelima (3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
( 90 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedurdengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduruntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedur.
v Menulis
Menulis
rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pembuatan rancangan
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
v Mendengar
Pemberian
materi Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan proseduroleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi
:
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan proseduryang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedur.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriPembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedursesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
v Mengolahinformasi dari materi
Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan proseduryang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pembuatan rancangan
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedurberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pembuatan rancangan
pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedurdan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
v Menjawab pertanyaan
tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedurberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan proseduryang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pembuatan rancangan pementasan Pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pembuatan
rancangan pementasan Pantomim sesuai
konsep, teknik dan prosedurkepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen
penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Soedarmono
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: Tes Uraian
b.
Instrumen
Penilaian dan Penskoran
Ø Instrumen Penilaian
1)
Jelaskan
yang dimaksud dengan ruang di dalam tari?
2)
Jelaskan
yang dimaksud dengan waktu di dalam tari?
3)
Jelaskan
yang dimaksud dengan tenaga di dalam tari?
Ø Penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
2) Pengolahan skor
Skor maksimum:
24
Skor perolehan
siswa: SP
Nilai yang
diperoleh siswa: SP/24 X 100
3. Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian
Praktek
1)
Teknik
Penilaian : Tes Praktek
2)
Instrumen
Penilaian : Lakukan 5 rangkaian
gerak secara berkesinambungan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga!
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Menggunakan Model semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Ilustrasi semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Poster semester genap - COMOT RPP
- RPP seni rupa materi pokok Menggambar Komik semester genap - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Lagu Daerah semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Lagu daerah dalam dua suara atau lebih semester ganjil - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Memainkan alat musik tradisional secara perorangan semester genap - COMOT RPP
- RPP seni musik materi pokok Memainkan alat musik tradisional secara berkelompok semester genap - COMOT RPP