Apa materi pelajaran sejarah indonesia terbaru tahun 2017/2018 semester genap? itulah pertanyaan yang sedang viral saat ini di kalangan guru SMA. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin postingan kali ini bisa membantu.
RPP sejarah indonesia kurikulum 2013 merupakan kata kunci yang akan admin bahas di postingan ke 107 ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa mulai tahun 2018 ini sekolah telah mulai melaksanakan sistem pendidikan kurikulum 2013, dengan demikian kegiatan pembelajaran pun harus dibuat lebih kreatif lagi oleh para guru.
Untuk membuat rencana pelaksanaan berbasis k13, tentu penyusunannya harus mengikuti aturan terbaru yakni permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan memuat pembelajaran literasi, ppk, hots dan 4c.
Jelasnya, dibawah ini adalah contoh rpp sejarah indonesia kelas Xi semester genap terbaru edisi revisi 2017 yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat
A.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.6
Menganalisis peran tokoh-tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
|
· Mengidentifikasi
tokoh naisonal dan daerah melalui pengamatan gambar
· Mendeskripsikan
biografi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
· Mendeskripsikan
peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
· Menganalisis
tokoh berdasarkan masa perjuangannya
· Menyimpulkan peran
tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
|
4.6
Menulis sejarah tentang satu tokoh
nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan
|
· Melaporkan
hasil analisis dalam bentuk tulisan
sejarah tentang satu tokoh nasional
dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelahmengikuti
proses pembelajaran, pesertadidikdiharapkandapat:
·
Mengidentifikasi
tokoh naisonal dan daerah melalui pengamatan gambar
·
Mendeskripsikan
biografi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
·
Mendeskripsikan
peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
·
Menganalisis
tokoh berdasarkan masa perjuangannya
·
Menyimpulkan
peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia
·
Melaporkan
hasilanalisisdalambentuktulisansejarahtentangsatutokohnasionaldantokohdaridaerahnya
yang berjuangmelawanpenjajahan
C.
Materi
Pembelajaran
·
Biografitokohnasionaldandaerahdalammemperjuangkankemerdekaan
·
Perantokohnasionaldandaerahdalammemperjuangkankemerdekaan
D.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : DiskusidanEksperimen
3.
Model
: Discovery Learning
E.
Media
Pembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Perpustakaan sekolah
v
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan
tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
F.
Sumber Belajar
Ø Buku Sejarah Indonesia Siswa
Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan
Internet
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama(2 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkansyukurkepadaTuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (
60 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Biografi tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaandengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Biografi tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Biografi tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanuntuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatanliterasiinidilakukan
di rumahdan di sekolahdengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Biografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Menulis
MenulisresumedarihasilpengamatandanbacaanterkaitBiografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Mendengar
Pemberian
materi Biografi tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Biografi tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secaradisiplinmelakukankegiatanliterasidengan
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Biografi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaanyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Biografi tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percayadiriBiografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaansesuai dengan
pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Mengolahinformasi dari materi
Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaanyang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Biografi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Biografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Biografi tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaandan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Biografi tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang akan
selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Biografi tokoh nasional
dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanberlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Biografi tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Biografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Biografi tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Biografi
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaankepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan
Kedua(2 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkansyukurkepadaTuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (
60 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Peran tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaandengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Peran tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Peran tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanuntuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatanliterasiinidilakukan
di rumahdan di sekolahdengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Menulis
MenulisresumedarihasilpengamatandanbacaanterkaitPeran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Mendengar
Pemberian
materi Peran tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanoleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Peran tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secaradisiplinmelakukankegiatanliterasidengan
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaanyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Peran tokoh nasional
dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percayadiriPeran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaansesuai dengan
pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Mengolahinformasi dari materi
Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaanyang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaandan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Peran tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang akan
selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Peran tokoh nasional dan
daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanberlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Peran tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaanyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaanyang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Peran tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Peran
tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaankepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal
tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap
rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru
memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
- download rpp materi pokok Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp materi pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp materi pokok Perkembangan Kolonialis medan Imperialisme Eropa
(semester genap) - COMOT RPP
- download rpp materi pokok Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Bangsa Indonesia
(semester genap) - COMOT RPP
- download rpp materi pokok Pendidikan dan Pergerakan Nasional
(semester genap) - COMOT RPP
- download rpp materi pokok Pendudukan Jepang di Indonesia
(semester genap) - COMOT RPP