Apakah bapak dan ibu guru sedang mencari materi terbaru mata pelajaran biologi kelas 10 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 semester genap? jika benar, maka anda datang ke blog yang tepat karena disini anda bisa mengetahuinya dan juga bisa mendapatkan referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi SMA.
Bicara tentang perangkat pembelajaran, yang guru perlu ketahui bahwa didalamnya ada dokumen penting pendukung keberhasilan kegiatan belaja mengajar di kelas. dan dokumen tersebut adalah Rencana pelaksanaan pembelajaran atau lebih dikenal dengan RPP.
Sedangkan pada postingan ke 107 ini blog ini akan membahas tentang rpp kurikulum 2013 biologi kelas X yang telah kami susun sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat dibawah.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio
berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
|
3.8.1 Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.
3.8.2 Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji
berdasarkan ciri-cirinya.
3.8.3 Mengklasifikasi pada tumbuhan lumut, tumbuhan
paku dan tumbuhan biji.
3.8.4 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan
tumbuhan lumut, paku dan biji.
3.8.5 Membuat charta perkembangbiakan dan siklus
hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji.
3.8.6 Menemukan peranan berbagai jenis Plantae
tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan.
|
4.8 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan
|
4.8.1 Menyajikan data contoh plantae Indonesia yang
memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan.
4.8.2 Membuat tabel hasil penggalian informasi pemanfaatan plantae.
|
1. Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Fungi/Jamur
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan
paku, tumbuhan biji
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama
pembelajaran Ciri-ciri umum plantae:
tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: : nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Ciri-ciri
umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji yang baru
dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut,
tumbuhan paku, tumbuhan biji.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut,
tumbuhan paku, tumbuhan biji.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2. Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan
paku, tumbuhan biji
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Peran tumbuhan dalam ekosistem
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama
pembelajaran Peran tumbuhan dalam
ekosistem berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Peran
tumbuhan dalam ekosistem yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Peran
tumbuhan dalam ekosistem yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Peran tumbuhan dalam ekosistem.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Peran
tumbuhan dalam ekosistem kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
3. Pertemuan
Ke-3 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Peran tumbuhan dalam ekosistem
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Peran tumbuhan di bidang ekonomi
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
(105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama
pembelajaran Peran tumbuhan di bidang
ekonomi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: : nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah
Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst,
|
|
|
|
|
|
|
- download rpp biologi materi pokok Plantae (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Animalia (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Ekologi (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang (semester genap) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Ruang Lingkup Biologi (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Keanekaragaman Hayati (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Virus (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Kingdom Monera (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Kingdom Protista (semester ganjil) - COMOT RPP
- download rpp biologi materi pokok Fungi/Jamur (semester ganjil) - COMOT RPP