Assalamualaikum sahabat guru sd yang saya hormati. Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini bahwa semester genap tahun pelajaran 2017/2018 telah berjalan. Dengan demikian para guru kembali disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Agar pembelajaran berjalan dengan efektif, maka perlu dibuat sebuah rencana tertulis dalam bentuk dokumen sehingga guru bisa mencapai tujuannya.
Tujuan dari pencapaian pembelajaran tersebut tak lain adalah keberhasilan siswa dalam memenuhi kiriteria ketuntasan belajar minimal. Oleh karena itu rencana pembelajaran harus disusun se kreatif mungkin dengan mengikuti perkembangan terbaru sistem pendidikan indonesia.
Salah satu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terbaru saat ini adalah berbasis kurikulum 2013 atau biasa disebut k13. nah topik Inilah yang akan kita bahas agar diketahui para guru indonesia dan yang terkhusus sesuai judulnya adalah untuk Guru kelas 4 sd.
Bagi guru sd yang mencari referensi untuk membuat rpp k13 PJOK revisi terbaru, bisa melihat contohnya di bawah ini. Semoga bermanfaat.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Sekolah :SDN 14 Rambang Dangku
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : 4/2 (Genap)
Materi :Senam Lantai
Pembelajaran
ke : Minggu 10
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Menganalisis prosedur berbagai aktivitas
kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan,
kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal.
4.5 Mempraktikkan berbagai aktivitas
kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal.
|
· Siswa menerima
dan mempelajari kartu tugas (task sheet)
yang berisi perintah dan indikator tugas gerak dasar dominan senam lantai (handstand, kopstand,
kayang, sikap lilin, berguling, dan atau meroda).
· Siswa
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk
mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.
· Siswa menerima
umpan balik dari guru.
· Siswa melakukan
pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai
umpan balik yang diberikan.
· Siswa mencoba
tugas gerak dasar dominan senam lantai dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya
diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
· Hasil belajar siswa dinilai selama proses
dan di akhir pembelajaran.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan
siswa mampu:
1.
Siswa menerima dan mempelajari kartu
tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak dasar dominan
senam lantai (handstand, kopstand, kayang, sikap lilin, berguling, dan atau
meroda).
2.
Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai
dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada
setiap materi pembelajaran.
3.
Siswa menerima umpan balik dari
guru.
4.
Siswa melakukan pengulangan pada
materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang
diberikan.
5.
Siswa mencoba tugas gerak dasar
dominan senam lantai dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri,
sungguh-sungguh, dan kerja sama.
6.
Hasil belajar siswa dinilai selama
proses dan di akhir pembelajaran.
D.
Materi
Pembelajaran.
· Bertumpu
· Bergantung
· Keseimbangan
· Berpindah Tempat
· Tolakan
· Putaran
· Ayunan
· Melayang
· Mendarat
Tentu
kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah senam.Olahraga senamdapat dibedakan
menjadi senam artistik, senam ritmik, dan senam lantai. Padabab ini, kita akan
mempelajari tentang senam lantai dan bentuk-bentuk latihansenam. Untuk
melakukan gerakan-gerakan senam lantai harus serius dan berhati-hati agar
terhindar dari cedera.Perhatikan pula petunjuk dari guru. Tahukah
kamucontoh-contoh gerakan senam lantai dan cara melakukannya?
Senam
mempunyai sistematika tersendiri serta mempunyai tujuan yanghendak dicapai,
seperti daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi atau dapatjuga diperluas
untuk membentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal, danmemelihara kesehatan.
Pengertian
senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan fisik yang disusunsecara
sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih danterencana untuk
mencapai tujuan tertentu.
Dari
arti itu kita dapat melihat bahwa olahraga senam mempunyai
sistematikatersendiri serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai, seperti daya
tahan,kekuatan, kelentukan, koordinasi atau bisa juga diperluas untuk
membentukprestasi, membentuk tubuh yang ideal, dan memelihara kesehatan.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah-istilah yangdipakai untuk
menamai jenis-jenis senam.Ada senam sibuyung, senam wanita,senam jantung sehat,
senam aerobik, senam kesegaran jasmani, senam tera,dan lain-lain. Di samping
itu, ada juga bentuk senam lain yang sering didengardalam konteks pertandingan,
seperti senam prestasi, senam artistik, dan senam
akrobatik.
Menurut
FIG (Federation Internationale de Gymnastiqua) senam dapatdikelompokkan,
menjadi (1) senam artistik ( artistic gymnastics ), (2) senam ritmik(sportive
rhythmic gymnastics ), dan (3) senam umum ( general gymnastics).Seperti kita
ketahui, senam lantai adalah salah satu bagian dari senamartistik.Dikatakan
senam lantai karena semua keterampilan gerakan dilakukanpada lantai yang
beralaskan matras tanpa melibatkan alat lainnya.Luas lantaiyang digunakan dalam
kejuaraan dalam senam, adalah 12 x 12 meter persegidengan tambahan 1 meter
setiap sisinya sebagai pengamanan.
Senam
lantai adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkanaktivitas seluruh
anggota badan, baik untuk olahraga sendiri maupun olahragalain. Itulah
sebenarnya, senam juga disebut sebagai olahraga dasar.Senam lantai mengacu pada
gerak yang dikerjakan dengan kombinasiterpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota
tubuh dari kemampuan
komponen
motorik/gerak, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan,kelentukan,
kelincahan, dan ketepatan.
Perlengkapan
SenamLantai
Senam
lantai biasanya dilakukandalam gedung khusus dengan
peralatan
sebagai berikut:
•
Lantai/matras berukuran 12 x 12meter;
• Lantai
ini dilapisi karpet kenyalsetebal 0,045 meter.
A. Metode
Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning,
demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran :Saintifik
B. Mediadan
Alat/Bahan Pembelajaran
·
Laptop dan
Infocus
·
Powerpoint Materi
Pembelajaran
·
Gambar, foto,
video
·
Spidol dan
whiteboard
C. Sumber
Pembelajaran
· Khairul Hadziq & Anwar Musadad, Buku Guru Penjas Orkes Kelas IV SD/MI, Yrama
Widya, Bandung, Revisi 2017.
· Khairul Hadziq & Anwar Musadad, Buku Siswa Penjas Orkes Kelas IV SD/MI,
Yrama Widya, Bandung, Revisi 2017.
· Buku referensi lain yang relevan
· Lingkungan setempat
A. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
|
Guru
Orientasi
·
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah
siswa yang hari itu datang paling awal (Menghargai kedisiplinan siswa)
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya
cita – cita.
·
Menyanyikan salah satu Lagu
Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
·
Siswa diminta untuk memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas
·
Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·
Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sesuai
tema
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
·
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
|
30 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Materi : Senam
Lantai
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
·
Pembiasaan membaca 15 menit
dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh
dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina,
Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
·
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
apa judulbuku?
-
kira-kira buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·
Guru
membacakan cerita pada buku dan
menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan
seksama.
·
Setelah guru membacakan buku, siswa diminta
menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
·
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·
Berikan penguatan bahwa cita –
cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi :Senam Lantaidengan cara :
Ø Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan
Ø Mengamati
Lembar kerja materi :Senam
Lantai
pemberian
contoh-contoh materi :Senam Lantaiuntuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
Ø Membaca.
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Senam
Lantai
Ø Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait :Senam Lantai
Ø Mendengar
Pemberian materi :Senam
Lantaioleh
guru
Ø Menyimak
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Senam
Lantai
·
Siswa diajak untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·
Siswa mempertunjukkan hasil kerja
kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi
dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil
kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian
tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni
yang indah
·
Siswa dan guru merayakan kegiatan
pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
|
165 menit
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
:Senam
Lantai
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian
·
Mengamati dengan seksama materi sub :Senam Lantaiyang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain
selain buku teks
·
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi :Senam Lantaiyang sedang dipelajari
Aktivitas
·
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi :Senam Lantaiyang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
·
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Senam Lantaiyang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi :Senam Lantai
Mengumpulkan informasi
·
Mencatat semua informasi tentang materi :Senam Lantaiyang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
materi dengan rasa percaya diri sub tema :Senam Lantaisesuai dengan
pemahamannya
Saling tukar informasi
tentang
materi:
·
:Senam Lantai
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat
|
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
:Senam Lantai
mengolah informasi
dari materi :Senam Lantaiyang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Senam Lantai
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Senam Lantai
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentangmateri :Senam Lantaiberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Senam Lantai
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Senam Lantaidan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas
presentasi tentang materi :Senam
Lantaiyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Senam Lantai
Menjawab pertanyaan
tentang materi :Senam Lantaiyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi :Senam
Lantaiyang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi :Senam
Lantaiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø Apa
saja yang telah dipahami siswa?
Ø Apa
yang belum dipahami siswa?
Ø Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?
Materi
tentang sub tema:
yang baru dilakukan
·
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk
menyampaikan kegiatan bersama orangtua
·
Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·
Siswa menyanyikan lagu
gembira
· Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·
Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan
ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
·
Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta
didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya
sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya
menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya
sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud
dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format
penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima
pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan
solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat
diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
2.
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat
lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya
Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog
atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah
yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah
sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4. Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat
berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor
sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
5.
PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan
sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media
pembelajaran.
Mengetahui:
Kepala SDN
Rancabentang
…………………………….
NIP. 19700709
200212 1 006
|
Cipatat, 17
Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
……………………………….
NIP. 19740828
199003 2 007
|
Butuh format rpp lengkapnya? silahkan unduh melalui tautan yang admin smeatkan dibawah
1. berikut akses ke file rpp semester genap PJOK kelas 4 k13 revisi 2017
- rpp aktivitas senam lantai k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp aktivitas gerak berirama k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp renang gaya bebas k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp aktivitas cidera dan penanggulangannya k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp aktivitas prilaku terpuji dalam kehidupan sehari hari revisi 2017 - (COMOT RPP)
1. berikut akses ke file rpp semester ganjil PJOK kelas 4 k13 revisi 2017
- rpp variasi gerak dasar permainan bola besar k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp variasi gerak dasar permainan bola kecil k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp variasi gerak dasar gerak olahraga jalan cepat k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp variasi gerak lari jarak pendek k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp kebugaran k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)
- rpp bela diri revisi 2017 - (COMOT RPP)