Jika membahas tentang rpp k13, maka akan erat hubungannya dengan komponen-komponen pembelajaran seperti kompetensi dasar, kompetensi inti, indikator pencapaian dan istilah revisi terbarunya adalah literasi, hots, ppk dan 4c.
Pada postingan ke 92 (sembilan puluh dua) ini admin blog akan mencoba berbagi referensi untuk guru SD yakni contoh rencana pelaksanaan pembelajaran sd kelas 4 Mapel Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti atau biasa disingkat PAI_BP. RPP yang admin bagikan ini tentu sudah disusun sesuai permendikbud nomor 22 2016.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh rpp pai kelas 4 semester genap yang bisa kami bagikan sebagai referensi untuk bapak dan ibu guru sd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Sekolah :SDN 19 Prabumulih
Mata
Pelajaran : PAI-BP
Kelas/Semester :
1/2 (Genap)
Materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Pembelajaran
ke : Minggu 10
Alokasi
Waktu : 4 x 35
menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.16 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
2.16 Menunjukkan
sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Ayyub a.s.
3.1
Memahami kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.3
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
|
·
Menyimak
kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·
Mengamati
isi kisah Nabi Ayyub a.s. yang perlu diteladani (diimplementasikan).
·
Melalui motivasi
dari guru mengajukan pertanyaan
tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub a.s.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Ayyub a.s. yang
hendak diteladani.
·
Secara kelompok
kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi
Ayyub a.s.
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Ayyub
a.s.
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan
siswa mampu:
1.
Menyimak kisah keteladanan Nabi
Ayyub a.s.
2.
Mengamati isi kisah Nabi Ayyub a.s.
yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
3.
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub a.s.
4.
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap
Nabi Ayyub a.s. yang hendak diteladani.
5.
Secara kelompok kecil mendiskusikankisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s. (mengidentifikasi).
6.
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
7.
Menguhubungkan pelajaran tentang
sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s. dengan
perilaku warga sekolah sehari-hari.
8.
Menyampaikan hasil diskusi tentang
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
9.
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
terkait dengan sikap teladan Nabi Ayyub a.s.
10.
Membuat kesimpulan dengan bimbingan
guru.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
|
Guru
Orientasi
·
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah
siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya
cita – cita.
·
Menyanyikan salah satu Lagu
Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
·
Siswa diminta untuk memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas
·
Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·
Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi sesuai tema
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
·
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
|
30 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Materi : Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
·
Pembiasaan membaca 15 menit
dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh
dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina,
Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
·
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
apa judulbuku?
-
kira-kira buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·
Guru
membacakan cerita pada buku dan
menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan
seksama.
·
Setelah guru membacakan buku, siswa diminta
menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
·
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·
Berikan penguatan bahwa cita –
cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.dengan cara
:
Ø Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan
Ø Mengamati
Lembar kerja materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
pemberian
contoh-contoh materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
Ø Membaca.
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Ø Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Ø Mendengar
Pemberian materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.oleh guru
Ø Menyimak
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·
Siswa diajak untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·
Siswa mempertunjukkan hasil kerja
kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi
dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil
kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian
tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni
yang indah
·
Siswa dan guru merayakan kegiatan
pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
|
165 menit
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
:Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
|
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian
·
Mengamati dengan seksama materi sub :Kisah keteladanan Nabi
Ayyub a.s.yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain
selain buku teks
·
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang sedang
dipelajari
Aktivitas
·
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang sedang
dipelajari
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
·
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Mengumpulkan informasi
·
Mencatat semua informasi tentang materi :Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
materi dengan rasa percaya diri sub tema :Kisah keteladanan Nabi Ayyub
a.s.sesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi
tentang
materi:
·
:Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat
|
|
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
:Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
mengolah informasi
dari materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub
a.s.
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentangmateri :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas
presentasi tentang materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
Menjawab pertanyaan
tentang materi :Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi :Kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø Apa
saja yang telah dipahami siswa?
Ø Apa
yang belum dipahami siswa?
Ø Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?
Materi
tentang sub tema:
yang baru dilakukan
·
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk
menyampaikan kegiatan bersama orangtua
·
Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·
Siswa menyanyikan lagu
gembira
· Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·
Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan
ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
·
Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 4 pjok revisi 2017 semester genap dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".