Bagi bapak ibu guru yang membutuhkan referensi untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 (kurtilas) matematika kelas 6 (enam) revisi terbaru semester ganjil kami menyediakan contohnya yang akan kami posting melalui blog ini. Sedangkan untuk perangkat pembelajarannya seperti prota, promes, KKM, dan lainnya masih dalam proses penyusunan.
Sahabat guru kelas sd. RPP kurikulum 2013 matematika kelas 6 terpisah dari tematik. Adapun Komponennya terdiri dari 5 (lima) materi pokok yakni Bab 1 sampai 5 yaitu Operasi Hitung Campuran, Operasi Hitung Bilangan Pecahan, Lingkaran, Bangun Ruang, dan bab terakhirnya adalah Gabungan Bangun Ruang dan juga 8 (delapan) pertemuan.
RPP matematika kelas 6 yang admin bagikan ini telah terintegrasi pembelajaran abad 21 yaitu literasi, PPK, 4C dan Hots. nah Untuk lebih jelasnya berikut admin berikan contohkan salah satu bab 1 rpp matematika kelas 6 kurikulum 2013 semester ganjil yang bisa anda jadikan referensi.
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Mampu menyebutkan bilangan
sesuai nilai tempatnya
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Mengurutkan bilangan dengan
benar.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan bentuk operasi
hitung campuran
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan bentuk
operasi hitung campuran
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menyebutkan
bentuk operasi hitung campuran
distributif
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan benar.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi
hitung campuran.
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan bentuk operasi
hitung campuran
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan
bentuk operasi hitung campuran.
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan bentuk operasi
hitung campuran.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menyebutkan
bentuk operasi hitung campuran
distributif.
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah,
pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan
soal dengan benar.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan
bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Mampu
menyelesaikan soal dengan bentuk operasi
hitung campuran dengan benar dan menyampaikan strateginya.
4.3.2 Membuat
soal cerita dengan menggunakan
bentuk operasi hitung yang tepat.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diajak membaca teks tentang bawang merah. Guru
memberikan waktu 3 menit untuk memahami bacaan.
Communication
§ Siswa mengerjakan soal berikut
bersama teman. Gotong Royong
Apabila bilangan 160.800.000
ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
§ Guru meminta siswa untuk
mendiskusikan jawabannya di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan
kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman.
Collaboration
§ Guru memberikan jawaban apabila
dibutuhkan.
160.800.000 = seratus enam puluh
juta delapan ratus ribu
Penggunaan Tanda Pisah Angka
Tanda pisah angka digunakan untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut digunakan untuk memisahkan setiap tiga digit angka dari sebelah kanan urutan angka. Tanda pemisah angka memisahkan kelompok angka ribuan, jutaan, dst. Di Indonesia tanda pemisah angka yang digunakan adalah tanda titik (.). ![]()
Angka-angka jika dikelompokkan
berdasarkan batas tanda pemisah maka akan memiliki kelompok-kelompok angka.
·
Kelompok angka dasar, memiliki tiga angka paling kanan.
·
Kelompok angka ribuan, memiliki tiga angka di sebelah
kiri tanda pemisah ribuan.
·
Kelompok angka jutaan, memiliki tiga angka di sebelah
kiri tanda pemisah jutaan.
PERTEMUAN 2
§ Siswa membaca soal matematika tentang kentang. Pada kegiatan ini siswa
harus menemukan bentuk operasi hitung campuran terkait urutan operasi
hitungnya.
Mandiri
§ Soal pertama dikerjakan secara individu dan siswa membahasnya dengan
teman kelompoknya. Guru meminta seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya dan
memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk
membetulkan jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem
Solving
§ Setiap siswa atau dikerjakan dalam kelompok, membuat soal cerita yang
melibatkan operasi hitung campuran dan ditukarkan dengan tiga teman atau
kelompok. Soal tersebut harus dijawab. Guru harus mengecek soal siswa dan
memberi masukan sebelum dijawab. Collaboration
§ Guru membimbing terkait bentuk operasi hitung campuran.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
Buku Siswa.
Mandiri
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang
terdapat pada lampiran di Buku Guru.
PERTEMUAN
3
§ Setiap soal dinilai oleh guru.
§ Setelah dinilai, guru meminta
siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau satu kelompok.
Guru memberikan penguatan terhadap konsep operasi hitung campuran yang ada.
Collaboration
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi.
Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka
melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§ Guru melakukan hal yang sama
terhadap soal berikutnya.
§ Siswa melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§ Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku
Guru.
PERTEMUAN 4
§ Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca soal dalam hati. Guru memberi waktu dua menit. Mandiri
Udin membantu Ibu membuka belanjaan.
Di dalam tas terdapat 2 botol kecil susu masing-masing
berharga Rp1.500.00. Kemudian Udin menemukan 2 kardus kecil telur
masingmasing
berharga Rp10.000,00.
§ Guru meminta siswa untuk
mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau di dalam kelompoknya lalu
meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan
jawaban teman. Collaboration
§ Guru memberikan jawaban
apabila dibutuhkan.
Jawaban yang benar:
1) 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
§ Siswa dan guru mendiskusikan
jawaban. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa pengurutan operasi bilangan
akan menentukan hasil.
§ Siswa kemudian berlatih soal
yang berbeda. Guru memberikan penguatan.
8 + 4 x 6 – 4 =
Dikerjakan soal perkalian terlebih dahulu.
8 + 24 – 4 = 28
§ Siswa kemudian mengerjakan
contoh yang lain. Guru meminta setiap siswa mengerjakan soal dan dibahas
bersama setelahnya. Critical Thinking and Problem Solving
4 + 7 x 3 =
§ Guru kemudian memberikan penguatan.
§ Siswa mencoba menyelesaikan
soal berikut dan mendiskusikan hasilnya dengan teman.
Collaboration
15 – 16 : 2
§ Guru memberikan penguatan.
§ Siswa melanjutkan kegiatan
dengan mengerjakan soal berikut dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
Guru dapat meminta siswa lain untuk memberikan komentar dan memberikan
penguatan.
Communication
17 – 9 + 5
§ Selanjutnya siswa berusaha
untuk menemukan jawaban soal berikut. Guru meminta salah satu siswa untuk
menyampaikan pendapatnya dan siswa lain mengomentari. Guru kemudian
memberikan penguatan.
8 × ( 2 + 6 )
INGAT!
Langkah
operasi hitung adalah sebagai berikut.
·
selesaikan operasi di dalam kurung
·
selesaikan perkalian dan pembagian
·
selesaikan penjumlahan dan pengurangan
PERTEMUAN 5
§
Siswa membaca soal matematika
tentang ikan bandeng asap. Pada kegiatan ini siswa harus menemukan bentuk
operasi hitung terkait urutan operasi hitungnya. Mandiri
§
Soal pertama dikerjakan secara
individu dan siswa menukarkan jawabannya dengan teman kelompoknya. Siswa
kemudian membahasnya dengan teman kelompoknya. Collaboration
§
Guru meminta seorang siswa untuk
menyampaikan hasilnya dan memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa
kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila perlu.
Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa kemudian melanjutkan kegiatan
menyelesaikan soal.
§
Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
Mandiri
PERTEMUAN 6
§
Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca soal cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membacanya dengan
saksama dan menjawab soal dengan cermat. Mandiri
§
Guru memeriksa jawaban siswa.
§
Setelah dinilai, guru meminta
siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau satu kelompok.
Guru memberikan penguatan terhadap konsep hitung campuran yang ada.
Collaboration
§
Siswa membuat soal dan menukarkannya
kepada teman sebelah. Setiap siswa dapat membuat dua soal dan dijawab
temannya.
Jawaban dinilai dengan skor yang ada di
halaman penilaian.
§
Siswa melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
PERTEMUAN 7
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca soal dalam
hati. Guru memberi waktu dua menit.
Mandiri
§
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan
teman sebelah atau di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan
kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman.
Collaboration
§
Siswa kemudian mengomunikasikan hasilnya melalui tulisan.
§
Siswa kemudian berlatih soal yang berbeda dan
menyampaikan hasilnya melalui tulisan. Communication
§
Siswa memperlihatkan hasilnya kepada teman sebelahnya.
Guru memberikan penguatan.
PERTEMUAN
8
§ Siswa membaca
soal matematika tentang pengusaha sayur. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk memahaminya. Mandiri
§ Soal dikerjakan
secara individu dan siswa menukarkan jawabannya dengan teman kelompoknya.
Siswa kemudian membahasnya dengan teman kelompoknya.
Collaboration
§ Guru meminta
seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya dan memberi penguatan terkait
proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila
perlu. Critical Thinking and Problem Solving
Jawaban siswa dinilai dengan menggunakan skor.
§ Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
Mandiri
§
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membuat soal cerita.
Guru mengingatkan mereka untuk membaca instruksi dengan saksama dan membuat
soal.
Mandiri
§
Guru memeriksa soal siswa kemudian mengembalikannya
kepada siswa.
§
Siswa menukarkan soalnya kepada tiga orang temannya dan
menjawab soal yang ada. Collaboration
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
FILE LENGKAP perangkat pembelajaran Matematika kelas 6 revisi 2018 silahkan bapak dan ibu guru hubungi saya ke wa 085273216532. Atau bisa melihat contoh lengkapnya dibawah ini
- download RPP matematika k13 KELAS 6 Semester ganjil BAB 1 - COMOT FILE
- download RPP matematika k13 KELAS 6 Semester ganjil BAB 1 - COMOT FILE
- download rpp matematika kelas 6 revisi 2018 BAB 3 - COMOT FILE
- download RPP matematika k13 KELAS 6 Semester ganjil BAB 4 - COMOT FILE
- download rpp k13 matematika BAB 5- COMOT FILE